Tips Berwisata dengan Aman dan Nyaman Saat Pandemi Covid-19

Kamis, 01 April 2021 : 17.40
Mimpi Resort Menjangan salah satu resor di kawasan Bali Barat Buleleng/dok.Kabarnusa

Meskipun saat ini masih banyak larangan dan batasan yang diberlakukan untuk membatasi penyebaran Covid-19, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua perlu berwisata sewaktu-waktu.

Berdiam diri di rumah dapat membuat kita merasa bosan dan bahkan berpotensi menyebabkan stres. Untungnya, telah banyak sektor pariwisata yang telah dibuka untuk umum.

Sekarang Anda telah dapat berwisata dengan keluarga untuk mengusir rasa bosan. Tetapi, Anda tetap harus waspada.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda tetap aman, nyaman, dan menyenangkan selama masa pandemi ini. Simaklah beberapa tips yang berguna untuk perjalanan wisata Anda berikut ini:

Tentukan destinasi wisata yang tepat

Pada saat ini, sebaiknya pilihlah destinasi wisata domestik. Selain lebih mudah dan lebih dekat, resiko terpapar virus juga dapat menjadi lebih kecil. Pilihlah destinasi wisata yang tepat sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

Bacalah ulasan tempat wisata dari internet untuk mengetahui tujuan wisata dan akomodasi di sekelilingnya.

Setelah Anda membaca berbagai informasi mengenai tempat wisata di Indonesia, lalu tentukanlah tempat yang sesuai. Pertimbangkan juga dengan kondisi keluarga Anda.

Apakah keluarga Anda cukup fit untuk menempuh perjalan wisata tersebut, apakah ada balita atau manula yang akan Anda ajak dalam perjalanan, dan sebagainya.

Mencari informasi peraturan dan larangan sehubungan dengan Covid-19

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai penyesuaian peraturan dan larangan sehubungan dengan Covid-19. Apa saja yang perlu Anda siapkan? Misalnya jika Anda akan melakukan perjalanan dengan pesawat, tentu Anda perlu menyiapkan dokumen tes kesehatan yang diperlukan terlebih dahulu.

Atau jika Anda memilih untuk berwisata ke daerah tertentu yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, carilah informasi apakah Anda perlu memiliki dokumen hasil tes kesehatan untuk memasuki daerah tersebut. Pastikan Anda dan keluarga tidak akan terkendala dengan hal ini.

Melakukan pemesanan tiket dan hotel secara online

Jika Anda akan bepergian dengan sarana transportasi umum seperti kereta, pesawat, dan sebagainya, ketahui dulu bagaimana peraturan yang berlaku. Setelah Anda memahami peraturannya, lakukan pemesanan tiket secara online.

Hindari melakukan pemesanan tiket langsung di tempat umum. Anda dapat melakukan pemesanan tiket dengan mudah secara online dengan menggunakan HP Anda. Harga tiket pada aplikasi pemesanan tiket juga biasanya lebih murah daripada membeli langsung.

Jika Anda perlu menginap dalam perjalanan wisata Anda, lakukan pemesanan hotel terlebih dahulu sebelum Anda melakukan perjalanan. Lakukan pemesanan secara online dari HP Anda. Hindari memesan hotel secara mendadak.

Di masa yang serba tidak menentu ini sebaiknya persiapkan hal-hal ini sebaik mungkin.

Melaksanakan protokol kesehatan

Selalu ingat untuk melaksanakan protokol kesehatan di mana saja, termasuk saat melakukan perjalanan. Pastikan Anda dan keluarga telah memakai masker dengan benar. Jangan lupa untuk membawa masker cadangan untuk berjaga-jaga.

Dan ingatlah untuk mengganti masker secara teratur.

Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer di perjalanan. Anda akan memerlukannya saat perlu menggunakan fasilitas umum seperti toilet umum atau restoran. Selain itu pastikan untuk batasi kontak dengan orang lain.

Pastikan semua anggota keluarga Anda memahami protokol kesehatan ini, termasuk anak-anak.

Jika sempat, siapkanlah makanan atau kudapan dari rumah untuk dimakan di perjalanan. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi mampir di tempat umum seperti restoran atau toko untuk membeli camilan.

Selain itu, ingatlah untuk memilih metode pembayaran secara elektronik saat Anda membeli sesuatu di perjalanan.

Hilangkan Kejenuhan dengan Bermain Game Online

Dalam perjalanan berwisata biasanya kita akan merasa jenuh atau bosan berada di dalam kendaraan. Nah, bagi yang suka bermain game online, cobalah mainkan permainan itu untuk menghilangkan kebosanan.

Bahkan, tidak hanya sekedar menghilangkan kebosanan saja, kita juga bisa mendapatkan uang dengan bermain di 188BET. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi