Telkomsel Terjunkan Tim Siaga Bencana TERRA untuk Pemulihan Infrastruktur Jaringan di NTT

Senin, 12 April 2021 : 00.00
Telkomsel terus berupaya maksimal untuk dapat memulihkan layanan telekomunikasi akibat bencana banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur/Dok. Telkomsel Area Jawa Bali .

Surabaya - Telkomsel mengirimkan tim unit siaga bencana yang bekerjasama dengan BNPB yang bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari wilayah terdekat bencana di Nusa Tenggara Timur.

Tim TERRA membantu proses percepatan evakuasi dan mendirikan beberapa posko bantuan seperti di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBD Kupang dan Gereja Bethel Oespa bagi para korban yang terdampak.

Telkomsel terus berupaya maksimal untuk dapat memulihkan layanan telekomunikasi akibat bencana banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali - Erwin Kusumawan menjelaskan, prioritas utama pemulihan jaringan dan layanan di fokuskan pada beberapa area vital yang menjadi pusat penanggulangan bencana, seperti Kantor Pemerintahan, Kepolisian, Posko.

"Pengungsian, Rumah Sakit dan Posko BASARNAS, agar dapat memudahkan proses evakuasi dan mempercepat operasional distribusi bantuan penanggulangan bencana," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu 10 April 2021.

Seiring pemulihan jaringan di wilayah tersebut, guna mempercepat proses evakuasi dan bantuan penanggulangan bencana, komunikasi menjadi sangat penting, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi tim terkait seperti SAR, BNPB, dan TNI-Polri, dan pengkinian informasi terkait wilayah bencana kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Untuk itu, Telkomsel terus berupaya mendukung kelancaran komunikasi bagi semua pihak dengan mengoperasikan Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke BTS di lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik.

"Kami menghadirkan paket khusus bebas telepon agar proses komunikasi dan evakuasi di wilayah tersebut berjalan dengan lancar," sambungnya.

Paket khusus dapat digunakan untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar, dan bebas telepon 100 menit ke sesama pelanggan Telkomsel bagi pengguna pascabayar, dengan masa aktif selama 7 hari sejak aktivasi.

Paket tersebut dapat diaktifkan melalui UMB *888*20# atau dengan mengirimkan SMS dengan ketik NTT (untuk pengguna prabayar) atau NTTKH (untuk pengguna pascabayar), lalu kirim ke 8999, dengan periode aktivasi paket mulai 7 – 13 April 2021, dan berlaku maksimal satu kali aktivasi untuk tiap pelanggan.

Paket khusus bebas telepon dan SMS tersebut dapat dinikmati pelanggan Telkomsel di sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur, antara lain Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi secara menyeluruh dan menghadirkan layanan bebas telepon dan SMS untuk pelanggan di wilayah terdampak, Agar dapat memudahkan proses evakuasi yang dilakukan oleh para relawan.

Telkomsel mengirimkan tim unit siaga bencana yang bekerjasama dengan BNPB yang bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari wilayah terdekat bencana untuk membantu proses percepatan evakuasi dan mendirikan beberapa posko bantuan seperti di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBD Kupang dan Gereja Bethel Oespa bagi para korban yang terdampak.

Selain mendorong proses percepatan pemulihan jaringan telekomun evakuasi para korban, Telkomsel juga menyalurkan bantuan sosial kemanusian sebagai bentuk kepedulian kepada para korban seperti bantuan paket sembako makanan siap saji perlengkapan kebutuhan bayi dan perlengkapan protokol Kesehatan. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi