Siapkan Dana USD 275 Juta, Grab Berencana Bentuk Dana Abadi

Sabtu, 10 April 2021 : 06.27
Dana inisiatif ini akan dimanfaatkan pertama kali untuk mendukung penyediaan vaksin COVID-19 bagi para mitra Grab yang tidak termasuk dalam target penerima vaksin pemerintah/Dok. Grab

Singapura - Grab berencana untuk membentuk dana abadi dengan dana awal sebesar USD275 juta yang terdiri dari dana tunai dan saham Grab, termasuk USD25 juta komitmen dana pribadi berupa saham Grab dari para Co-founder dan President of Grab.

Langkah itu menegaskan komitmen jangka panjang Grab untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Asia Tenggara. Dana inisiatif ini akan dimanfaatkan pertama kali untuk mendukung penyediaan vaksin COVID-19 bagi para mitra Grab yang tidak termasuk dalam target penerima vaksin pemerintah.

Diikuti hibah dan bantuan keuangan untuk mendukung inisiatif sosial dan lingkungan yang memberikan manfaat jangka panjang bagi mitra Grab dan masyarakat umum di seluruh Asia Tenggara.

Keputusan penting ini diumumkan Grab Holdings, rencana terkait pembentukan Dana GrabForGood yang ditujukan untuk mendukung program-program jangka panjang untuk peningkatan kualitas kehidupan para mitra pengemudi, pengantaran, dan mitra merchant, serta masyarakat umum Asia Tenggara secara umum.

Grab akan menumbuhkan dana GrabForGood yang terdiri dari USD50 juta berupa dana tunai dan USD200 juta dalam bentuk estimasi nilai saham Grab.

Sebagai tambahan, Grab Group CEO dan co-founder Anthony Tan, co-founder Tan Hooi Ling dan President of Grab, Ming Maa telah berkomitmen untuk mengontribusikan dana pribadi mereka dengan total USD25 juta dalam bentuk saham Grab (berdasarkan estimasi valuasi).

Kontribusi tersebut menjadikan total dana GrabForGood mencapai USD275 juta, berdasarkan estimasi valuasi sama Grab hari ini.

Anthony Tan, Grab Group CEO dan co-founder mengungkapkan, sejak pertama kali didirikan, misi Grab adalah untuk mendorong pemberdayaan ekonomi untuk setiap orang di Asia Tenggara.

"Dana GrabForGood akan menjadi pilar utama dari upaya-upaya kami untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan para mitra Grab dan masyarakat luas, yang juga mencerminkan langkah penting atas komitmen jangka panjang kami untuk Asia Tenggara,” ungkap Anthony dalam keterangan tertulisnya, Jumat 9 April 2021.

Dana sebesar itu, akan mulai dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan akan vaksin COVID-19 yang mendesak di wilayah-wilayah di mana vaksin tersebut sulit didapat.

Pihaknya juga berencana untuk memperkenalkan sejumlah program yang dapat menjadi pondasi kemajuan ekonomi dan sosial, serta memberikan lebih banyak orang akses terhadap kesempatan untuk meningkatkan dan mengembangkan kehidupan mereka.

"Misi kami adalah untuk menciptakan dampak positif yang abadi di setiap negara tempat kami beroperasi,” Anthony menegaskan.

Dana tersebut akan ditujukan untuk mendukung berbagai program yang dapat memberikan dampak sosial dan lingkungan dalam jangka panjang, termasuk aspek-aspek seperti pendidikan, bantuan keuangan untuk masyarakat yang belum terlayani, serta isu-isu lingkungan.

‘Dewan Penasehat Dana GrabForGood’ akan dibentuk guna menghadirkan perwakilan yang kompeten bagi para mitra Grab dan masyarakat Asia Tenggara untuk memberikan umpan balik dan rekomendasi terkait pemanfaatan dana tersebut. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi