Pertina Dorong Lahirnya Petinju Amatir Sekaliber Syamsul Anwar Harahap hingga Ellyas Pical

Sabtu, 17 April 2021 : 18.16
Pelantikam Made Muliawan Arya sebagai Ketua Umum Pertina Provinsi Bali Masa Bakti 2021-2025, di Dharma Negara Alaya Kreatif Hub Denpasar, Sabtu (17/4/20201)/Dok. Humas Pemkot Denpasar.

Denpasar - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Komaruddin Simanjuntak terus mendorong lahirnya petinju amatir yang kemudian bisa mengharuman bangsa seperti Syamsul Anwar Harahap hingga Ellyas Pical.

Indonesia pernah memiliki petinju amatir yang kemudian memiliki nama besar mengharumkan bangsa seperti Syamsul Anwar Harahap hingga Ellyas Pical sehingga pengurus Pertina di daerah bisa mendorong lahirnya bibit muda petinju amatir.

Selain mengembalikan petinju amatir mulai usia dini, Pertina juga sudah menyiapkan visi dan misi lain mulai dari pembenahan sarana dan prasarana tinju yang ada di pusat dan daerah, membenahi organisasi.

Menambah frekuensi pertandingan minimal 15 kali dalam setahun dan sport science.

"Kami juga bakal mengembangkan sport tourism. Bahkan kami juga sudah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata," sambung Komaruddin saat melantik Made Muliawan Arya atau yang akrab disapa De Gajah sebagai Ketua Umum Pertina Provinsi Bali Masa Bakti 2021-2025, di Dharma Negara Alaya Kreatif Hub Denpasar, Sabtu (17/4/20201).

Untuk sport tourism, PP Pertina bakal menggelar kejuaraan di 10 titik lokasi pariwisata unggulan Tanah Air dengan konsep terbuka, namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Ini salah satu upaya untuk mendukung pariwisata sekaligus untuk memberi kesempatan petinju amatir untuk unjuk kemampuan," tandasnya.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Bali Wayan Koster mendukung pengembangan olahraga tinju yang bernaung di Pertina Bali dan pusat sehingga ke depan bisa dikolaborasikan dengan sektor kepariwisata menjadi destinasi wisata yang menarik.

Pihaknya berharap dilantik kepengurusan baru Pertina Bali yang dipimpim Made Muliawan Arya dengan harapan dapat meneruskan prestasi-prestasi olahraga tinju Bali baik nasional maupun internasional.

Koster mendukug kepada Pertina Bali untuk menggali bibit petinju handal sehingga mampu mengembalikan kejayaan Bali dalam dunia tinju di kancah nasional serta peningkatan prestasi dapat dimanfaatkan bagi para atlet tinju Bali.

Pihaknya berharap Pertina mampu menjadi ruang kolaborasi antara olahraga tinju dan kepariwisataan di Bali. "Kedepan kita akan kolaborasikan olahraga tinju dengan kepariwisataan di Bali yang tentunya ini menjadi peluang yang baik dari Bali sebagai destinasi wisata," tutupnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi