KOIN DPD Bali Dikukuhkan, Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Profesionalisme Installer

Minggu, 11 April 2021 : 19.38
Ketua Umum DPP KOIN Ade Solihin, Sekretaris Zaifaizal langsung memimpin pelantikan kepengurusan KOIN DPD Bali periode 2021-2024, yang diketuai Taufik Hidayat/Kabarnusa.

Denpasar - Komunitas Installer Nasional (KOIN) DPD Wilayah Bali resmi dikukuhkan oleh pengurus DPP yang akan segera bergerak melakukan pembinaan memperkuat kolaborasi dan meningkatkan profesionalisme anggota dalam menghadapi tantangan era digitalisasi.

Ketua Umum DPP KOIN Ade Solihin didampingi Sekretaris Jenderal KOIN Zaifaizal langsung memimpin pelantikan kepengurusan KOIN DPD Bali periode 2021-2024, yang diketuai Taufik Hidayat.

Saat memberikan sambutan, Ade Solihin mengungkapkan, sebenarnya komunitas ini, terdiri kelompok-kelompok kecil, yang ingin mewadahi para installer di bidang security sistem atau installer apapun lainnya.

"Kita sama-sama belajar ilmu dan pengalaman, kami lihat secara nasional belum ada wadah asosiasi terutama di securty sistem, " ucapnya di Aula Fajar Harapan Jalan Padonan Banjar Dama, Tibubeneng, Kuta Utara Badung, Minggu (11/4/2021).

Diakuinya, dalam realitas di lapangan profesi installer ini, masih ada sesama installer saling menjelekkan dan menjatuhkan dalam berkompetisi atau menjalankan kegiatan usahanya.

"Mau sampai kapan kita seperti itu," tanya Ade yang memiliki perusahaan CCTV berbasis di Karawang Jawa Barat ini.

Untuk itulah, pihaknya mengajak semua installer untuk bergabung bersama di KOIN yang mengusung semangat kekeluargaan. Apalagi, tantangan teknologi semakin ke depan semakin berkembang pesat.

"Karena itulah di wadah KOIN ini teman-teman installer bisa saling belajar, belajar saling berkolaborasi, belajar saling menguatkan, membesarkan, dan belajar juga tentang keahlian teknis " katanya menegaskan.

Ketua Umum DPP KOIN Ade Solihin memberikan sambutan pada pengukuhan pengurus KOIN DPD Bali

Pihaknya bersyukur berkat dorongan kuat Putu Suartawan dan Ida Ayu Made Suarcani selaku founder atau komisaris PT Citra Duta Teknologi atau Citra CCTV, memfasilitasi dan mendukung kelahiran KOIN di Bali. yang mengedepankan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi.

Ade menegaskan, KONI mengumpulkan installer di Bali bergabung yang bertujuan melakukan pembinaan keahlian, skill. "Kami ingin installer di Bali bisa profesional, amanah dan dapat dipercaya karena itu, kunci installer bisa bertahan dari sisi usahanya," tandasnya.

Pada bagian lain, pihaknya bersyukur upaya KOIN diterima pemerintah dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk mendapat izin untuk melakukan uji kompetensi dan juga menyiapkan tempat uji kompetensi (TUK).

"Kami berharap teman-teman installer memiliki skill yang baik, memiliki integritas yang bagus dan tentunya profesional," tegasnya lagi.

Ketua KOIN DPD Wilayah Bali Taufik Hidayat mengajak seluruh anggota installer untuk maju mengembangkan bidang installer membesarkan organisasi dalam meningkatkan profesionalisme.

Putu Suartawan dan Ida Ayu Made Suarcani selaku founder PT Citra Duta Teknologi atau Citra CCTV

Dalam kesempatan sama, Founder PT PT Citra Duta Teknologi Putu Suartawan menyatakan, pihaknya mendukung memprakarsasi terbentuknya DPD KOIN Bali.

"Kami ikut ambil bagian menyelenggarakan kegiatan ini, agar ada wadah installer, kemudian menjadi wadah profesional, sehingga bisa berkolaborasi dunia bisnis teknologi di security sistem," tuturnya.

Kata dia, PT Citra Duta Teknologi, memandang kegiatan ini cukup penting, yang bisa dimanfaatkan untuk sharing pengalaman dan kolaborasi oleh installer di Bali. Diakuinya, permasalahan dihadapi dunia installer masih terkait SDM.

"Kami telah beberapa melakukan uji kompetensi untuk tim teknis kami, agar mampu meningkatkan standar kompetensi di tim teknis dan memenuhi ekspektasi para klien atau pelanggan kami di bidang security sistem," imbuhnya.

Setelah pengukuhan pengurus KOIN DPD Bali, para pengurus dan anggota serta undangan lainnya mengikuti training singkat tentang teknologi jaringan dasar dan training singkat CCTV ip camera ETLE (elektronic traffic law enforcement).

Pemateri yang berkompeten yang juga anggota KOIN Andreas Guntoro turut memompa semangat para installer dan pengurus DPD, agar bisa.

"Saya dahulu teknisi kecil, untuk satu presisi yang bagus, kemampuan perlu ditingkatkan, kamera itu tidak sekedar CCTV, tetapi ada lensa, ada sistem dan ada integrasi," ujarnya.

Karena itu, Andreas berharap installer terus meningkatkan secara profesionalisme sehingga ketika ada sistem barupun akan bisa menerapkan dan bahkan bisa mengembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi