Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Probolinggo Butuh Penanganan Khusus

Selasa, 13 April 2021 : 00.21
Pemkab Probolinggo menggelar rakor bersama jejaring Perempuan dan Anak melalui dinas terkait, Senin, 12 April 2021/Kabarnusa

Probolinggo - Maraknya kasus perempuan dan anak sebagai korban tindak kekerasan di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur perlu mendapatkan penanganan khusus.

Karena itulah, upaya Pemerintah Kabupaten Probolinggo memberi penyuluhan terhadap masyarakat akan pentingnya membangun kesadaran mereka akan hak-haknya terus dilakukan.

Pemkab Probolinggo menggelar Rakor bersama jejaring Perempuan dan Anak melalui dinas terkait, Senin (12/4/2021).

Dalam Rakor di kantor DP2KB Pemkab Probolinggo di Dringu dihadiri Kepala Dinas DP2KB, Bappeda, Dinsos, Dinas Pendidikan, RSUD Waluyo Jati, RSUD Tongas, unit PPA Polresta dan Komnas Perlindungan Anak.

Dr Tri Soesantari, Msi akademisi Universitas Airlangga menjelaskan tentang bagaimana pentingnya pemerintah hadir di tengah tangah masyarakat.

"Pemerintah perlu meluruskan tentang permasalahan kekerasan perempuan dan anak, terutama dalam kasus perkawinan dini," imbuhnya.

Selain itu semua harus menekankan keaktifan anggota pelayan masyarakat seperti Komnas Perlindungan Anak dan organisasi lainnya. "Apakah lembaga lembaga di Probolinggo yg menangani permasalahan ini sudah ada?," tanya Tri Suesantari.

Diibaratkan, membangun jalan,,membangun gedung dan yang lain lain itu cukup gampang. "Namun membangun suatu karakter seseorang itu sangatlah sulit," imbuhnya.

Karna kekerasan terhadap perempuan dan anak ini banyak terjadi di tengah masyarakat.yang penting peran serta masyarakat harus lebih maksimal.

Begitu juga ungkap IBDA Kumoro,SH dari Unit PPA Polresta Probolinggo menekankan, perlunya memberikan wawasan terhadap masyarakat untuk menangani kasus permasalahan yang ada.

Perlu adanya sinergi dengan lembaga lembaga yang terkait. "Kami berterima kasih kepada masyarakat dan lembaga yang kusus menangani permasalahan perempuan dan anak ini," ungkap Kumoro. (ron)

Bagikan Artikel

Rekomendasi