Karaton Sumedanglarang dan Ully Sigar Rusadi Tebar Benih Ikan Jaga Ekosistem Sungai

Jumat, 23 April 2021 : 04.45
Elly Sigar Rusadi ikut bergabung dalam peringatan Hari Bumi diisi tabur benih di Sungai Cipanas, Sumedang/Dok. Edah Jubaedah

Sumedang - Penyanyi senior Ully Sigar Rusadi yang juga pegiat Lingkungan bersama  Karaton Sumedanglarang melaksanakan tabur benih ikan di Kali Cipanas dalam memperingati Hari Bumi.

Bersama masyarakat setempat, Ully turun ke sungai menyebar benih ikan sebagai salah satu upaya menjaga ekosistem lingkungan yang berkelanjutan, Kamis (22/4/2021).

"Dengan menenbar ikan ini agar ekosistem sungai bisa tetap dipertahankan," ujar Ully.

Sementara itu, Ketua Yayasan Darabasa Maman Surahman menyatakan, pada prinsipnya keseimbangan alam adalah hal penting yang harus dijaga dan dilestarikan demi generasi mendatang.

"Kita ada karena ada mereka. Manusia dan alam itu saling membutuhkan," singkat Maman.

Menurut Rd. Lily Soemawilaga Mahapatih Karaton Sumedanglarang, dalam Sumedang Puseur Budaya Sunda sudah diyakini kalau dalam Rawayan Jati Sunda manusia harus melakukan keseimbangan baik dengan Tuhannya, dengan sesama manusia pun dengan alamnya.

Dia menggutip sebagaimana tertuang dalam Perda No. 1 tahun 2020 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda. "Saya menyambut gagasan ini dalam rangka peringatan Hari Bumi," imbuhnya. (dah)

Bagikan Artikel

Rekomendasi