IARMI Bersama Lanal Denpasar Menyelam Bersihkan Pantai dan Bawah Laut, Peringati Hari Bumi

Selasa, 20 April 2021 : 07.55

Denpasar - Aksi sosial dan peduli lingkungan kembali dilakukan IARMI (Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa) Bali. Kali ini korp baret ungu yang selama ini banyak berakitifitas di Kampus tersebut mengandeng Lanal Denpasar, (19/4/2021).

Kegiatan kali ini bernama Underwater dan Beach Claen up. Aksi ini dilakukan dalam rangka hari Bumi Internasional atau Eard Day yang jatuh pada 22 April 2021.

Aksi ini bertajuk "Restore our Eart" juga mengandeng Jala Dharma Deving Club. Aksi bersih bersih ini juga dilakukan sampai menyelam ke tengah laut dengan melibatkan 25 penyelam.

Diantaranya 17 penyelam dari perhimpunan penyelam professional Bali, dua orang penyelam dari POSSI Bali, lima penyelam Jala Dharma Diving Club dan satu penyelam dari Lanal Denpasar.

Para penyelam ini khusus untuk melakukan aksi pembersihan dikawasan laut sekitar pantai Matahari terbit dan Jaladi Wilis, Sanur. Sementara sisanya melakuka aksi bersih bersih dipantai.

Diantaranya 27 anggota Pramuka Saka Bahari, 10 orang dari BPBD Bali, 10 orang dari KMPL FK Unud, 10 personil dati Lanal Benoa, 10 Menwa Ugracena Bali, IARMI Bali, DLHK Denpasar dan dari Desa Sanur Kaja.

Kegiatan ini mendapat support penuh dari Lanal Denpasar, BPR Kanti, PPLH Bali, KSU Dharma Sida, BPBD Bali, BPBD Denpasar, Balawista Sanur dan Kedesaan Sanur Kaja.

Aksi ini didukung berbagai peralatan diantaranya dari Lanal dan BPBD seperti Rubber Boat, Saerider, Ambulance, truk angkut personil dari Lanal dan Bus angkut Personil dari Lanal.

Menurut Sekjen DPP IARMI Bali Petrus Ana Lalo aksi yang dilakukan IARMI Bali ini adalah untuk kesekian kalinya. Sebelumnya juga sempat melakukan aksi yang sama di pantai Kubu, Karangasem.

“Ini sebagai wujud kita IARMI Bali cinta akan lingkungan,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika ini dibiarkan maka akan merusak lingkungan termasuk juga laut, bahkan jika sampah plastik ini dimakan ikan dan mengendal di perut ikan kemudian ikan di komsumsi manusia maka bisa menganggu kesehatan.

Sementara itu untuk aksi bersih bersih di laut dan pantai kali ini sasaranya adalah botol plastik dan sampah plastik lainya termasuk puntung rokok.

Aksi ini juga sekaligus sebagai edukasi pantingnya akan kebersihan pantai dan laut. Pentingnya untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan.

Sementara itu Dan Lanal Denpasar Kolonel (P) I Komang Teguh Ardana ST MAP menyambut baik aksi ini. Pihaknya mendukung gebrakan yang dilakukan IARMI Bali untuk ikut peduli lingkungan.

“Masalah lingkungan adalah tanggung jawab bersama, saya salut kawan kawan IARMI sudah melakukan aksi ini dan kami dari Lanal sangat mendukung upaya ini,” tutupnya. (riz)

Bagikan Artikel

Rekomendasi