Desa di Bali Diharapkan Miliki Sistem Pola Penanganan Sampah

Kamis, 29 April 2021 : 03.40
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster/Dok. Humas Pemprov Bali

Denpasar - Setiap desa di Provinsi Bali diharapkan bisa memiliki sistem pola penanganan sampah. "Agar sampah yang dihasilkan oleh satu desa tidak di bawa atau ditumpuk ke desa lainnya," tutur Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster.

Putri hadir serangkaian rapat konsultasi dalam rangka penyusunan strategi gerakan PKK dan Rakerda PKK Provinsi Bali Tahun 2021, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Rabu (28/4).

Saat Rapat kerja daerah sebagai forum tertinggi bagi Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang melibatkan seluruh komponen penggerak PKK se-Bali secara virtual, Rabu 28 April 2021.

Hal ini penting dilakukan agar tidak ada satu wilayah yang menjadi tempat penampungan sampah, yang tentu saja akan merugikan masyarakat dan biota yang ada di sekitar tempat pembuangan akhir sampah tersebut.

"Karena tidak dapat dihindari, apabila sistem dan pola pemgolahan sampah tidak dilakukan mulai dari

Tim Penggerak PKK Provinsi Bali sebagai organisasi gerakan masyarakat yang mewadahi pergerakan dan bekerja sama dengan pemerintah selaku mitra dalam program pembangunan keluarga dan masyarakat akan terus menyusun strategi gerakan PKK.

"Sehingga mampu membangkitkan sinergitas dan kemitraan yang berperan sebagai kunci dalam mewujudkan keluarga yang berdaya saing dan sejahtera," ungkapnya.

Pergerakan program tim penggerak PKK sudah seharusnya selaras dengan program pusat, agar tidak terjadi tumpang tindih antara satu dengan lainnya.

Putri Koster akan mengadakan lomba antar-kecamatan yang pemenangnya adalah desa tertentu, di mana akan dinilai bagaimana peran dari HATINYA PKK dalam upaya menularkan manfaat kepada seluruh masyarakat desanya.

Melalui rapat konsultasi dan rapat kerja daerah ini diharapkan akan menghasilkan program-program pendukung program pembangunan pemerintah melalui visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Selain itu, dengan dilaksanakannya evaluasi kegiatan untuk penyempurnaan dan pedoman pada tahun berikutnya, dengan maksud seluruh anggota tim penggerak PKK Bali dapat mengetahui program yang akan dilaksanakan melalui sinergitas program tim penggerak PKK Tahun 2021 lintas wilayah dan lintas sektoral.

Keberadaan Tim Penggerak PKK yang bekerja mendukung pemerintahan dalam mewujudkan kelembagaan yang sehat untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat luas.

"Memiliki peran penting sebagai perpanjangan tangan pusat yang kemudian diteruskan ke kabupaten dan desa untuk bergeraknya upaya-upaya penyampaian program yang tersinergitas dan harmonis," imbuh Gubernur Bali dalam sambutannya dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi