Bupati Gede Dana Dukung Pelatihan SAR di Karangasem

Selasa, 13 April 2021 : 00.00
Bupati Karangasem, I Gede Dana menerima audiensi Kepala Basarnas Gede Darmada dan rombongan/Dok. Humas Pemkab Karangasem

Amlapura - Bupati Karangasem, I Gede Dana, menyatakan apresiasi dan dukunganya terhadap rencana pelatihan SAR yang akan dilaksanakan Basarnas Bali di wilayahnya.

Hal itu disampaikan Bupati Dana saat bertemu Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, di Kantor Bupati Karangasem, Senin 12 April 2021.

Kepala Basarnas Bali dan rombongan diterima Bupati Dana dan Wakil Bupati Dr. I Wayan Artha Dipa. Audiensi bertujuan meningkatkan sinergitas antara Basarnas Bali dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem.

Di samping itu, koordinasi lintas instansi juga memiliki peranan penting dalam kelancaran pelaksanaan tugas sebagai perpanjangan tangan dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan di tingkat pusat.

Selama ini, kerjasama yang terjalin antara Basarnas dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kekompakan tim di lapangan saat pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan.

“Kami sangat di terbantu dengan kehadiran stakeholder yang berkecimpung di bidang kebencanaan baik dari Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan dan relawan setempat,” imbuhnya.

Diketahui bersama, Karangasem memiliki gunung tertinggi di Pulau Bali yaitu Gunung Agung. Hal ini tentu menarik wisatawan untuk melakukan pendakian di kawasan Gunung Agung.

Dengan banyaknya wisatawan yang melakukan pendakian, hal ini tentunya meningkatkan resiko terjadinya kondisi membahayakan jiwa manusia, baik kecelakaan di tebing, tersesat di gunung dan masih banyak lainnya.

Kegiatan yang dapat menimbulkan kecelakaan ini tentunya diberikan perhatian yang lebih. Disinilah peran Basarnas dibutuhkan dalam memberikan pelatihan SAR, khususnya pelatihan teknis pertolongan di ketinggian sebagai langkah antisipasi.

“Kami ingin berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem dalam memberikan pelatihan teknis pertolongan di ketinggian kepada stakeholder di bidang kebencanaan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” tutup Darmada.

Bupati Karangasem mengucapkan terima kasih kepada Basarnas yang selama ini selalu hadir di tengah – tengah masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan. Dana mengapresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Basarnas dan memberikan support kepada para peserta pelatihan. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi