Batang Jawa Tengah Akan Menjadi Pabrik Kaca Terbesar Se-Asia Tenggara

Kamis, 22 April 2021 : 00.15

Presiden Jokowi didampingi Mentri PUPR, Gubernur Jawa Tengah, Kepala BKPM, Kepala PTPN dan Bupati Batang mengecek lokasi proyek  Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB)/Fotografer: Reza I Editor: Agus Nugroho

Batang - Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan proyek di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), yang akan dimulai operasinya bulan Mei mendatang dan sekaligus akan meresmikan pabrik tersebut, Rabu (21/04/2021).

Dalam kunjungan kerjanya, Jokowi didampingi Mentri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala BKPM, Kepala PTPN, Bupati Batang dan tamu kehormatan serta undangan lainya. 

Menurut Presiden, Mei nanti akan ada peletakan batu pertama perusahaan industri kaca di kawasan tersebut dengan luas 4.300 hektar, sekarang yang sudah siap dan hampir selesai sebanyak 450 hektar, pabrik kaca ini merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara.

"Semoga ini akan menyerap tenaga Kerja sebanyak-banyaknya dan bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional kita," harap mantan Walikota Solo tersebut. 

Presiden menambahkan dirinya akan rutin mengecek progres perkembangan pembangunan kawasan industri Batang ini, KITB akan dijadikan contoh untuk proyek industri lain di pulau Jawa serta daerah lain di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan progres KITB ini sangat bagus, Presiden Jokowi mengaku senang dengan perkembangan tersebut.

"Tentu kami di daerah mendukung penuh bila ada investor yang mau masuk, bulan Mei mendatang Groundbreaking pabrik kaca dan LG," katanya.

"Kawasan Industri Terpadu Batang, menjadi harapan pertumbuhan ekonomi Jateng, sebab kawasan ini diisi oleh perusahan perusahaan berkelas ekspor, dan tentu ini merupakan peningkatan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah," pungkasnya.(str)
Bagikan Artikel

Rekomendasi