Yayasan IBEKA Adakan Diklat untuk Peternak Jawa Tengah ke Subang

Senin, 15 Maret 2021 : 21.27
Peternak dari Kabupaten Demak, Kudus dan Jepara ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Peternakan IBEKA di Subang, Jawa Barat/ist

Demak - Yayasan Inisiatif Bisnis dan Ekonomi (IBEKA) Hj. Lestari Moerdijat, S.S.,M.M memberangkatkan 50 peternak dari Kabupaten Demak, Kudus dan Jepara ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Peternakan IBEKA di Subang, Jawa Barat, Minggu (14/3/2021).

Hadir dalam pelepesan peserta Pendidikan dan Latihan yakni, Nayla Fitria dan Lia Eldest Sihotang selaku Tenaga Ahli anggota DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah (meliputi Kab. Demak, Kab. Kudus dan Kab. Jepara) Hj. Lestari Moerdijat,S.S.,M.M, beserta sejumlah anggota komunitas Sahabat Lestari lainnya.

Menurut Lia Eldest Sihotang, para peternak dari 3 Kabupaten tersebut akan mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan di Yayasan IBEKA Subang, selama lima hari secara gratis.

"Keikutsertaan para peternak dalam Diklat ini dapat menambah pengetahuannya tentang pakan dan perawatan sebagai upaya untuk menambah relasi peternak sehingga dapat mengimplementasikan hasil Diklat nya untuk usaha sendiri maupun untuk peternak lain", tuturnya.

Yayasan IBEKA merupakan suatu bisnis sosial yang berfokus pada bidang teknik dengan menggabungkan teknologi yang disesuaikan dan kesadaran sosial untuk memberdayakan penduduk desa dan kelompok marginal di daerah perkotaan.

Pelatihan di IBEKA tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan, tetapi juga untuk mendorong masyarakat menciptakan kemandirian ekonomi.

Salah satu tujuan pelatihan IBEKA, menurut Lia Eldest sebagai usaha untuk mendorong masyarakat lokal sehingga tercipta keragaman ekonomi melalui program energi terbaru dalam pembentukan koperasi desa.

"Kegiatan pertanian berkelanjutan, usaha rumah tangga, termasuk pembuatan pakan ternak serta pengembangan pabrik kecil dan bengkel lokal", pungkasnya.

Dengan harapan para peternak dan petani di Demak, Kudus dan Jepara mampu meningkatkan skala usaha peternakan dan pertaniannya, sehingga dalam waktu yang singkat akan terbuka peluang-peluang kerja baru bagi warga desa dan sekitarnya untuk meningkatkan taraf ekonominya. (str/ags)

Bagikan Artikel

Rekomendasi