Ringankan Dampak Pandemi, Lanal Denpasar Berbagi Kepedulian Bersama Warga Serangan

Rabu, 24 Maret 2021 : 07.52
Aksi sosial digelar di Ruang tunggu Pelabuhan Serangan Sire Angen Jl. Tukad Pungawa Br. Ponjok Kel. Serangan, Denpasar Selatan Kota Denpasar, Selasa (23/3/2021)/ist

Denpasar - Untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19 Kpala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar Bali menggelar acara Bakti Sosial yang bertajuk "TNI Angkatan Laut Peduli dan Berbagi".

Aksi sosial digelar di Ruang tunggu Pelabuhan Serangan Sire Angen Jl. Tukad Pungawa Br. Ponjok Kel. Serangan, Denpasar Selatan Kota Denpasar, Selasa (23/3/2021).

Dalam bakti sosial selain membagikan sebanyak 200 paket sembako kepada nelayan, pekerja industri pariwisata dan masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu, mendapatkan pelayanan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Tim Balai Kesehatan Lanal Denpasar, Kesdam IX/ Udayana, Kesehatan Lanud Ngurah Rai, Polda Bali dan Puskesmas Denpasar Selatan III.

Disamping kegiatan Bakti Sosial dan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan juga dilaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai disekitar Pelabuhan Serangan Sire Angen.

Tidak hanya personel Lanal Denpasar turut bergabung Pemuda Karang Taruna. Serangan warga Banjar Ponjok, Anggota Dishub Kota Denpasar, Saka Bahari Lanal Denpasar dan Posmat Serangan.

Dalam pembagian paket sembako untuk mencegah kerumunan dalam pembagian sehari sebelumnya telah dilakukan pendataan dan pembagian kupon oleh Lanal Denpasar dibantu Aparat kelurahan Serangan.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19.

Hadir dalam kegiatan, Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana, Kapolresta Denpasar Kombespol Jansen A.P., Bapak Mulyadi Ali (Yayasan Mandana Metta Caritas), Bapak Andy Chandra (Yayasan Mandana Metta Caritas), Kabid Multimoda Kota Denpasar, Kajari Kota Denpasar Yuliana Sagala Pgs. Palaksa Lanal Denpasar dan undangan lainnya.

Danlanal Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, menyampaikan, baksos ini merupakan bentuk kepedulia Lanal Denpasar untuk membantu meringankan beban kehidupan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Saya juga mengucapkan banyak terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada tenaga kesehatan dari TNI AD, AL, AU dan Polri serta Pemprov Bali khususnya panitia yang membantu mengadakan karya bhakti ini, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar," ucap Teguh.

Tentunya aksi sosial ini diharapkan dapat membantu kesulitan masyarakat pesisir ditengah pandemi ini.

Pihaknya mengajak masyarakat bersama – sama berusaha memutus rantai penyebaran covid 19 dengan menerapkan 3 M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker, serta dengan tetap menjaga imunitas dan mensukseskan program Pemerintah yaitu vaksinasi nasional.

Ditempat sama perwakilan Yayasan Mandana Metta Caritas Mulyadi menyampaikan, ucapan terima kasih yang kepada Danlanal Denpasar karena telah membantu dan bersinergi untuk meringankan beban masyarakat sekitar Bali yang terdampak covid 19 dengan mengadakan kegiatan Bakti Sosial.

"Kami atas nama yayasan Mandana Metta Caritas memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban masyarakat khususnya di wilayah Serangan," Imbuhnya.

Dia meyakini banyak masyarakat yang terdampak akibat virus covid-19 baik itu langsung atau tidak langsung.

Karenanya, semua komponen berusaha bersama sama untuk menekan angka penyebaran covid 19 dengan cara mendukung kebijakan pemerintah sehingga perekonomian di Bali bisa cepat pulih.

Sebelum pelaksanaan pembagian sembako dari petugas Kesehatan Puskesman Denpasar Selatan memberikan edukasi kesehatan kepada masayarakat Kelurahan. Serangan yang mengikuti Baksos.

Edukasi terkait pandemi Covid-19 antara lain dalam setiap aktivitas selalu menerapkan prokes Covid-19 (cuci tangan, menjaga jarak, memakai masker).

Menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara teratur dan menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan kepada masyarakat untuk mendukung program vaksinasi nasional dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Adanya bakti sosial diwilayah kerja jajaran Lanal Denpasar tersebut, diharapkan kedepan banyak mendapat masukan dan informasi dari masyarakat dan pejabat daerah setempat yang nantinya dapat dijadikan referensi dalam meningkatkan kinerja Lanal Denpasar pada masa yang akan datang. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi