MRI dan HNSI Bali Gelar Webinar Bendega 2021

Jumat, 26 Maret 2021 : 18.18
Suasana Webinar tentang Bendega 2021 yang digelar MRI bekerjasama dengan DPP HNSI Provinsi Bali

Denpasar - Yayasan Mandhara Research Institute (MRI) bekerja sama dengan DPP Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Bali menggelar seminar online (webinar) Bendega 2021 diWarung Coffe 63 Satria, Jln. Veteran Denpasar, Kamis (25/3/2021).

Webinar yang mengusung thema “Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Bendega Sebagai Implementasi NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI YAITU SEGARA KERTHI" ini menghadirkan narasumber Ir. I Nengah Manumudhita, MM, Dr.Ir. I Ketut Sudiarta, M.Si, Dr. I Dewa Gede Palguna, S.H., M.Hum, Moderator Ir. I Gede Sudiarta, M.Si, Ketua Pembina Yayasan Mandhara Research Institute (MRI ) Ir. Ida Bagus Sukarya, dan Dewa Made Juli Santika, S.Hut sebagai Host / pembawa acara serta dihadiri sebanyak 44 peserta zoom webinar (online) dan 20 audiens dalam ruangan (offline).

Ketua Pembina Yayasan MRI Ida Bagus Sukarya mengemukakan, maksud diadakannya seminar ini adalah untuk menguatkan pemahaman semua pihak tentang keberadaan Perda 11 Tahun 2017 ini.

"Tujuannya adalah agar Perda 11 Tahun 2017 dijadikan landasan hukum yang kuat dalam menjaga dan pelestarian Bendegadi Bali," katanya.

Menurut Ida Bagus Sukarya, dari Kegiatan WQebinar ini dapat disimpulkan adanya rumusan upaya nyata dalam penguatan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 11 Tahun 2017 ini sebagai landasan hukum dalam menjaga dan pelestarian Bendega di Bali.

Kesimpulan yang dihasilkan dari Webinar ini di antaranya, segera dilakukan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Bendega kepada berbagai pemangku kepentingan oleh instansi terkait agar memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat luas.

Kedua, perlu dilakukan harmonisasi antar perda (Perda Subak, Perda Bendega dan Perda Desa Adat). Serta kesimpulan ketiga, segera lakukan aktualisasi keberadaan Bendega sebagai Lembaga Tradisional  yang menjaga kearifan lokal Bali.

"Kesimpulan terakhir adalah, segera dtetapkan Pergub Bendega sebagai amanat perda no 11/ 2017 tentang Bendega terkait tata cara perlindungan, pelestarian dan pemberdayaan bendega," pungkasnya. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi