Longsor Tutup Akses Jalan Sumedang dan Kecamatan Buahdua

Jumat, 26 Maret 2021 : 07.21
Camat Buahdua Tono dan pejabat Muspika setempat datang ke lokasi longsor untuk langkah penanganan/ist

Sumedang - Bencana longsor terjadi di Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang Jawa Barat mengakibatkan akses jalan tertutup material longsor pada Kamis (25/3/2021) sore.

Keterangan dihimpun, setelah diguyur hujan beberapa lama, di kawasan Blok Ciberecek yang berlokasi dekat pemandian air panas Cipanas Cilengungsing, mengakibatkan terjadinya longsor.

Material longsor tanah bercampur kayu dan batu yang terbawa air langsung menutup jalan dan kawasan tersebut sehingga akses sempat terputus total. Beruntung saat kejadian itu, tidak ada warga yang menjadi korban.

Setelah mendapat informasi tersebut, Camat Buahdua Tono Suhartono dan pejabat Koramil seperti Danramil dan Kapolsek setenmpat, langsung datang guna mengantisipasi keadaan dan langkah koordinasi.

"Baru terjadi bencana longsor yang menutup ruas jalan di Kecamatan Buahdua. Jalan yang menghubungkan Sumedang dengan Buahdua sore tadi tertutup material kayu dan tanah juga batu.

Lokasi longsoran ada di Blok Ciberecek dekat dengan pemandian air panas Cipanas Cileungsing. "Jalur Conggeang Buahdada, dekat cileungsi longsor ke jalan, jalur lunpuh total," ujar Tono dalam keteranganya.

Atas kejadian itu, Tono mengingatkan warga utamanya pengguna jalan agar senantiasa berhati-hati karena longsir susulan bisa saja terjadi.

Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan pembersihan material longsor yang persisnya berada di utara kaki Gunung Tampomas di Kabupaten yang terkenal dengan Tahu-nya itu. (dah)

Bagikan Artikel

Rekomendasi