Lemkari Badung Gelar Gashuku dan Ujian DAN di Jimbaran Hub

Jumat, 19 Maret 2021 : 20.15
Puluhan kareteka dari Lemkari Badung menggelar latihan serangkaian Ujian DAN di kawasan Jimbaran Hub, Badung/Kabarnusa

Badung - Kegiatan untuk membangun kebersamaan yakni Gashuku maupun Ujian DAN digelar Lemkari atau Lembaga Karate-Do Indonesia Cabang Badung yang dipusatkan di Jimbaran Hub, Badung diikuti puluhan karateka.

Ujian DAN merupakan salah satu program dari PB Lemkari yang dilaksanakan untuk mengukur kemampuan para karateka dalam hal teknik dasar karate (Kihon), pemahaman rangkaian bentuk gerakan (Kata) dan teknik pertarungan bebas (Kumite).

Selain itu digelar kegiatan Gashuku sebagai diharapkan menjadi ajang memupuk kebersamaan untuk saling tukar-menukar pengalaman dari para senior kepada juniornya di dalam lingkup keluarga besar Lemkari.

Dalam Gashuku dan Ujian DAN ini dihadiri oleh Ketua Dewa Guru PB Lemkari Pusat, Shuseki Haried Tanning DAN VI Karate dan juga Wakil Sekjen PB Lemkari Pusat Sensei Andy Retman.

Shuseki Haried Tanning adalah salah satu tokoh senior Lemkari karena beliau yang sudah berumur 70 tahun tetapi masih aktif dalam pengembangan Lemkari di Indonesia.

Dalam masa mudanya Haried merupakan atlet karate andalan Indonesia yang sangat disegani yang pernah menjadi juara dalam kejuaraan APUKO (Asia Pacific Union of Karate-Do Association) di Taiwan dan juga pernah 5 tahun melatih pasukan paspampres di Madagaskar.

Ketua Panitia Pelaksana Gashuku dan Ujian DAN , Putu Agung Prianta menyatakan, dalam pelaksanan Gashuku dan Ujian DAN ini panitia sengaja membatasi jumlah peserta hanya 50 peserta untuk tetap menjalankan prokes kesehatan yang ketat.

"Padahal, jumlah peminat melebihi dari 130 orang," ungkap Ketua Pengcab Lemkari Badung dan pemilik Dojo Colabo Jimbaran ini.

Hal ini dibuktikan diterapkannya test antigen bagi seluruh peserta dan panitia, sebelum memasuki areal Gashuku dan ujian DAN pada saat registrasi, menjaga jarak, menyediakan hand sanitizer di setiap sudut tempat latihan.

Ketua Forki Bali diwakili oleh Sensei Ardy Ganggas menyatakan, kehadirannya memenuhi undangan Pembukaan Gashuku dan Ujian DAN Pengprov Lemkari Bali adalah sebagai bentuk penghargaan dari Ketua FORKI Bali atas prestasi yang ditunjukkan oleh para atlit Lemkari Bali.

Saat ini Tim PON Karate Bali terbanyak disumbang atlit Lemkari dan berharap agar prestasi ini tetap dijaga dan ditingkatkan. Selaku Ketua Team Satgas Covid 19, Ardy mengapresiasi kegiatan Gashuku yang bisa menjadi model penyelenggaraan kegiatan olah raga di Indonesi.

"Juga bisa menjadi referensi bagi FORKI karena penerapan Prokes sangat ketat dimana semua peserta harus di rapid antigen saat registrasi dan sebelum memasuki areal Gashuku," sambung Ardy dalam sambutannya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Pengprov Lemkari Bali, I Wayan Muntra, didampingi oleh Ketua Harian Pengprov Lemkari Bali Sensei AA Nanik Suryani, ST, Dewan Guru Shihan I Wayan Ardika, S.Sos, Ketua MSH I Wayan Guntur berpesan, agar dalam masa kepemimpinannya periode 2020-2024 akan berusaha membangun konsolidasi internal Lemkari Bali agar semakin solid.

Lebih memperhatikan para atlet dan pelatih yang berprestasi, mengembangkan dojo-dojo Lemkari di seluruh Bali.

Selain itu, mengadakan program latihan yang terukur dan modern dengan menerapkan sport science dan dalam waktu dekat akan membangun Koperasi Lemkari Bali untuk memenuhi kebutuhan dan perlengkapan para Karateka Lemkari se-Bali.

Muntra juga berharap agar para karateka Lemkari Bali fokus berlatih dan mencetak prestasi. "Dengan menunjukan prestasi maka prestasi itulah yang akan menjadi tolok ukur dan penghargaan bagi Karateka Lemkari serta perguruan Lemkari Bali," tandas Muntra.

Ujian Gashuku dan Ujian DAN ini juga dihadiri oleh 2 peserta dari Lemkari NTB yang khusus datang untuk mengikuti kegiatan ini dan akan berlangsung tiga hari dari 19-21 Maret 2021.

Dia menyampaikan,dalam pelaksanan Gashuku dan Ujian DAN panitia membatasi jumlah peserta hanya 50 peserta untuk tetap menjalankan prokes kesehatan yang ketat. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi