Asia Talent Cup 2021, Pembalap Astra Honda Siap Unjuk Prestasi

Kamis, 25 Maret 2021 : 19.08
Persiapan panjang baik secara fisik, mental, maupun skill dari pebalap-pebalap muda binaan tentu menjadi motivasi yang kuat untuk bersaing dengan pebalap-pebalap berbakat Asia yang turun di ATC/AHM

Jakarta – Berbekal persiapan dan latihan intens yang dijalani sejak tahun lalu empat pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) siap menunjukkan performa terbaiknya pada balapan perdana Asia Talent Cup (ATC) 2021 di Losail International Circuit, Qatar (27-28/3).

Pemuda-pemuda Indonesia ini optimis dapat mengukir prestasi di lintasan balap Internasional sebagai kebanggaan bangsa.

Keempat pembalap itu adalah Herjun Atna Firdaus, Herlian Dandi, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, dan Fadillah Arbi Aditama telah berangkat ke Qatar pada tanggal 16 Maret 2021, untuk mengikuti pengecekan kesehatan sebelum turun di tes pra-musim yang berlangsung pada 19-21 Maret 2021 di Losail International Circuit.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, semangat para pebalap binaan AHM ini pun tidak kendur. Sebelum turun di sirkuit, mereka tetap menjaga kebugaran meskipun hanya berlatih di kamar hotel.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan motivasi tinggi serta latihan intens yang dilakukan oleh pebalap-pebalap muda binaan menjadi bekal positif untuk bersaing di ajang balap ATC 2021.

Persiapan panjang baik secara fisik, mental, maupun skill dari pebalap-pebalap muda binaan tentu menjadi motivasi yang kuat untuk bersaing dengan pebalap-pebalap berbakat Asia yang turun di ATC.

"Dengan semangat satu hati, kami harap dukungan masyarakat Indonesia di ajang ATC ini dapat menjadi suntikan energi tersendiri bagi para pebalap untuk terus meraih prestasi,” ujar Andy dalam siaran pers, Rabu (24/3/2021).

Pebalap binaan AHM Herlian Dandi, Herjun Atna Firdaus, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, dan Fadillah Arbi Aditama siap bersaing di ajang Asia Talent Cup 2021. Keempat pebalap muda tersebut akan melakoni seri pertama ATC pada akhir pekan ini di Losail International Circuit, Qatar (27-28/3)/AHM.

Tes Pra-musim

Digelar selama tiga hari (19-21/3), pada sesi tes pra-musim keempat pebalap jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) ini berupaya menorehkan catatan waktu terbaik di atas Honda NSF250R.

Motor yang memiliki karakter serupa dengan yang digunakan pada Grand Prix Moto3 ini diharapkan dapat semakin mengasah skill balap mereka.

Fadillah Arbi Aditama yang baru pertama kali bersaing di ajang ATC, berhasil meraih posisi kedua dari 23 pebalap muda yang turun di ajang ini.

Pemuda 15 tahun asal Purworejo, Jawa Tengah ini, dapat beradaptasi dengan cepat dengan mencetak waktu terbaik 2:12.488 detik, terpaut 0,179 detik dengan posisi puncak.

Sementara pebalap binaan AHM lainnya, Azryan Dheyo berada di posisi ke-12 dan Herlian Dandi berada di posisi ke-19.

Fadillah Arbi.mengaku sudah menunggu lama untuk wujudkan mimpi balapan di ajang ATC. Saya sangat termotivasi untuk bisa tampil bagus. Seluruh persiapan sudah dilakukan, hasil sesi pre test saya pun cukup baik dengan menempati best time ke-2.

"Mohon doa dan dukungannya agar dapat meraih hasil gemilang bagi Indonesia,” ujar Arbi.

Meski belum maksimal, usaha keras juga ditunjukan oleh Herjun Atna Firdaus. Bersaing di tengah pemulihan cidera tulang pangkal jari kelingking pada tangan kanannya, pebalap yang memasuki tahun kedua di ajang balap ATC ini pun hanya mengikuti beberapa sesi tes.

Kembali balap di ajang ATC, setelah hampir setahun absen tentu membawa motivasi tersendiri bag dirinya. Apalagi, sepanjang pandemi, saya terus persiapkan diri dengan berbagai latihan di rumah.

Tentu saya sudah tidak sabar untuk bisa tampil maksimal dan bertekad meraih kemenangan pertama di ajang ATC. "Meskipun tidak bisa mengikuti sesi pre test secara penuh karena pemulihan cidera tangan, tapi saya optimis bisa berbuat banyak di putaran pembuka nanti,” ujar Herjun.

ATC merupakan ajang bagi pebalap muda berbakat di wilayah Asia dan Oceania dalam meniti karir di ajang balap berstandar internasional.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Dorna yang juga promotor balap kejuaraan dunia MotoGP, sehingga semua pebalap muda yang bertanding dalam ajang ini akan menjajal sirkuit yang sama dengan balap MotoGP dan WorldSBK.

Selain Indonesia, tahun ini ATC diikuti pebalap-pebalap yang berasal dari Jepang, India, Turki, Thailand, Qatar, Malaysia, dan Australia. Untuk pelaksanaan balap, gelaran ATC dilakukan sebanyak 12 kali balapan.

Ajang balap akan terbagi dalam 6 putaran yaitu Losail International Circuit (Qatar) yang akan menggelar dua kali putaran, lalu sirkuit Twin Ring Motegi (Jepang), Chang International Circuit – Buriram (Thailand), Sepang Internasional Circuit (Malaysia), dan sirkuit Mandalika (Indonesia).

Seri pertama ATC tahun ini akan digelar sebanyak dua kali di Losail International Circuit, Qatar pada Sabtu (27/3) pukul 20:35 WIB dan Minggu (28/3) pukul 17:50 WIB, bertepatan dengan lokasi dan hari yang sama dengan putaran pertama MotoGP World Championship.

Gelaran balap ATC ini dapat disaksikan pada channel Youtube dari Asia Talent Cup. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi