Wabup Artha Pimpin Musrenbang di Kecamatan Abang dan Rendang

Rabu, 10 Februari 2021 : 22.09
Wakil Bupati Karangasem Dr. I Wayan Artha Dipa/dok.

Amlapura - Wakil Bupati Karangasem Dr. I Wayan Artha Dipa memimpin langsung pelaksanaan hari I Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Abang dan Kecamatan Rendang secara virtual di KMC. Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan dibuka secara serentak di 8 kecamatan secara virtual sehari sebelumnya.

Artha didampingi Kepala Bappelitbangda Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, memimpin Musrenbang Kecamatan tahun ini terasa spesial karena merupakan musrenbang kecamatan yang pertama kalinya berbasis Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) sebagaimana amanah Permendagri Nomor 70 Tahun 2019.

Adapun tema RKPD Kabupaten Karangasem Tahun 2022 adalah “Pemulihan Ekonomi dan Sosial melalui Pembangunan Pertanian yang Tangguh dan Mandiri, Pengembangan SDM yang Handal, Pembangunan Pariwisata dan Budaya, didukung Infrastruktur yang Memadai” dengan 7 bidang prioritas pembangunan daerah.

Tujuh prioritas meliputi, Bidang Pangan, Sandang dan Papan, Kesehatan dan Pendidikan, Bidang Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan, Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya, Bidang Pariwisata, Penguatan Insfrastruktur, Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

Wabup Artha Dipa menekankan agar seluruh usulan baik dari desa/kelurahan maupun perangkat daerah yang berkaitan dengan penyusunan RKPD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem Tahun 2022 agar sejalan dan berdasarkan Visi, Misi, Arah kebijakan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

"Hal itu sebagaimana tema dan prioritas pembangunan daerah yang sudah disusun oleh Bappelitbangda," ujarnya, Rabu (10/2/2021).

Pembahasan usulan musrenbang di kecamatan berdasarkan atas usulan yang sudah terverifikasi oleh mitra Bappeda di SIPD. Sebanyak 358 usulan di Kecamatan Abang dan 268 Usulan di Kecamatan Rendang. (nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi