Perkuat Budaya Literasi, UNP dan RajaGrafindo Persada Kerja Sama Penerbitan Buku

Selasa, 23 Februari 2021 : 20.54
Acara diselenggarakan secara virtual sekaligus digelar webinar Peningkatan Kualitas Buku Teks dan Buku Ajar, Selasa (23/2/2021)/ist.

Jakarta - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang ( UNP) dan Penerbitan Rajagrafindo Persada menjalin kerja sama dalam penerbitan buku dalam memperkuat budaya literasi dan akreditasi lembaga.

Kerja sama itu tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang ( UNP) Yohandri, M.Si., Ph.D dan Direktur Penerbitan Rajagrafindo Persada Pusat Hetty Narulita.

Acara diselenggarakan secara virtual sekaligus digelar webinar Peningkatan Kualitas Buku Teks dan Buku Ajar, Selasa (23/2/2021).

Webinar diikuti dosen-dosen Universitas Negeri Padang dan beberapa kolega civitas akademika lainnya, dan acara dipandu Fuadin, selaku Kepala Perwakilan Rajagrafindo Persada Pekanbaru dan Padang.

RajaGrafindo Persada atau lebih populer memiliki merk dagang penerbitan Rajawali Pers,pada tahun 2021 bersama UNP Padang menjalin kerjasama guna menerbitkan karya karya dosen UNP Padang, dengan terbitnya karya UNP Padang.

Ini adalah bagian kami melanjutkan tri darma perguruan tutur Fuad selaku perwakilan Rajawali pers Pekanbaru-Padang.

Pada webinar siang ini, Penerbit Rajagrafindo Persada Jakarta menghadirkan narasumber Prof. Dr. Dedi Purwana, Guru besar Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta dengan topik "Penulisan Buku Teks dan Buku Ajar sesuai PAK Dikit 2019".

Menulis buku adalah amat penting karena dosen akan menjadi contoh dan patokan bagi mahasiswa yang sering ditugaskan untuk menulis.

"Apalagi seorang dosen di perguruan tinggi tentu haruslah tampak dan pernah bukunya diterbitkan oleh penerbit, dengan menulis dan diterbitkan buku maka pemikiran kita akan dikenal banyak orang, itulah guna nya knowledge bagi akademis maupun publik lainnya," tutur Prof. Purwana.

Lanjut, Purwana, menerbitkan buku sangat penting dan perlu selain untuk berbagai manfaat seperti finansial, profesional, karier dan angka kredit, aktualisasi diri, dan personal branding, itulah makna dari koin dan poin bagi penulis.

Dalam sambutannya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang menegaskan, LP2M UNP sudah mulai menerbitkan buku-buku dosen sejak tahun 2020 dan pada tahun 2021 akan menerbitkan kembali buku-buku dosen pada Penerbit Rajagrafindo Persada.

"Atas nama Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, kami mengharapkan dosen-dosen Universitas Negeri Padang untuk menulis naskah buku dan akan kita terbitkan pada Penerbit Nasional Rajagrbafindo Persada," harap dia.

Pihaknya juga mengharapkan, dinamika dan budaya penulisan akan terus menjadi semangat kami agar menjadi lebih baik dan lebih mencerahkan memberikan cakrawala bagi insan akademis. (tok)

Bagikan Artikel

Rekomendasi