Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Berikan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp

Rabu, 24 Februari 2021 : 21.08
Kepala Cabang BPJS Klungkung dr Endang Triana Simanjuntak/ist

Amlapura - BPJS Kesehatan Klungkung yang membawahi Karangasem, Klungkung, Gianyar dan Bangli terus berusaha memberikan pelayanan prima di tengah pandemi Covid 19 dengan kemudahan layanan pelayanan Administrasi melalui Whatsapp atau PANDAWA.

Kali ini Asuransi yang menyelenggarakan berbagai pelayanan Kesehatan tersebut memperkenalkan layanan tanpa tatap muka dari HP ke HP.

"Diantaranya bisa dilakukan melalui pesan whatsapp atau WA," ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan Klungkung dr Endang Triana Simanjuntak di Karangasem Rabo (24/2/21).

Ada juga pelayanan dengan menggunakan layanan Pandawa. Cara ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam menagani Covid 19, dengan mengurangi tatap muka langsung.

“Jadi kalau urusan dengan BPJS tidak perlu datang ke kantor cukup via HP,” ujarnya.

Terkait Penerima Bantuan Iuran atau PBI sesuai Perpres yang baru ada kontribusi Pemerintah Provinsi dalam pembayaran peserta BPJS dari PBI atau gratis. Sharing pemerintah provinsi ini dilakukan bersama dengan pemerintah pusat.

Saat ini, di Bali sendiri ada sekitar 1 juta peserta PBI yang selama ini menjadi tanggungan APBN sekarang ini sebagian wajib menjadi tanggung jawab Provinsi. Untuk Pemkab Karangasem harus membayar tambahan bantuan iuran tersebut.

Layanan online BPJS bisa dilakukan dari beberapa cara seperti melalui aplikasi Pandawa, aplikasi mobil JKN, chan asisten JKN, lewat WA dan juga bisa lewat telegeram.

“Layanan pindah akses bisa dilakukan lewat WA,” ujarnya. Pandawa sendiri lebih spesipik ke cabang yang ada. Sehingga setiap cabang akan berbeda sesuai dengan kondisi di cabang tersebut.

Yang jelas layanan Pandawa akan di respon lebih cepat sehingga lebih mudah. Sementara untuk kartu tidak perlu cetak karena bisa secara online di android. Bahkan kedepan tidak perlu cetak kartu. Yang diperlukan adalah KTP dan KK.

Dengan tidak datang ke kantor maka akan lebih hemat ongkos juga waktu. Untuk dena BPJS tidak ada denda iuran, yang ada adalah denda layanan sebesar lima persen dari nilai pelayanan.(nik)

Bagikan Artikel

Rekomendasi