KNPI Peduli Bencana, Distribusikan Bantuan Bagi Korban Banjir Indramayu

Sabtu, 13 Februari 2021 : 11.52
Melalui kelompok Kerja (POKJA) Kebencanaan DPD KNPI Kabupaten Indramayu, penggalangan donasi kebencanaan dalam kurun waktu satu bulan kebelakang yang merupakan sumbangan dari fungsionaris DPD dan DPK KNPI se- Kabupaten Indramayu/Humas Pemprov Jabar

Indramayu - Jajaran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pusat dan Kabupaten Indramayu menggelar aksi sosial dengan membantu korban banjir di sejumlah wilayah.

Melalui kelompok Kerja (POKJA) Kebencanaan DPD KNPI Kabupaten Indramayu, penggalangan donasi kebencanaan dalam kurun waktu satu bulan kebelakang yang merupakan sumbangan dari fungsionaris DPD dan DPK KNPI se- Kabupaten Indramayu.

Selain itu pula ada bantuan Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI yang menyerahkan bantuan bagi korban banjir. Bantuan diserahkan Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama kepada Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramaayu, Yoga Rahadiansyah.

Ketua DPP KNPI, Haris Pertama menyampaikan, penyerahan bantuan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sosial DPP KNPI yang telah dilaksanakan semenjak bencana melanda di berbagai daerah se Indonesia.

Dicontohkan bencana Gempa Sulawesi Barat dan Banjir di Kalimantan Selatan serta Longsor Sumedang Jawa Barat.

"Kali ini kami berikan bantuan kepada korban banjir di kabupaten Indramayu, Subang, dan Karawang Provinsi Jawa Barat," ungkap Haris. Langkah Ini adalah bentuk bukti kepedulian pemuda Indonesia terhadap masyarakat yang terkena bencana.

Kami peduli dan prihatin terhadap bencana yang melanda Indonesia, dan KNPI akan mendatangi serta berkontribusi di daerah-daerah lainnya yang sedang mengalami bencana.

Bantuan melalui Posko KNPI Indramayu untuk korban banjir juga datang dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang diserahkan Kabag Humas Pemprov Jawa Barat, Faiz Rahman, S.STP. kepada ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu didamping pengurus dan Pokja kebencanaan DPD KNPI Indramayu.

Bantuan-bantuan tersebut kemudian didistribusikan oleh kepada masyarakat oleh KNPI ke berbagai titik lokasi terdampak banjir.

Faiz Rahman, mengungkapkan bahwa penyerahan bantuan ini adalah bukti Pemerintah Jawa Barat sangat konsern terhadap penanganan korban banjir di beberapa kabupaten di Jawa Barat, seperti yang terjadi di Karawang, Subang, Indramayu, dan sekitarnya.

Selaku pribadi, Faiz Rahman menegaskan bahwa sebagai pemuda Jawa Barat, hal ini wujud kepedulian sesama warga Jawa Barat.

"Juga, upaya dalam mendorong serta memberikan semangat kepada rekan-rekan KNPI kabupaten yang sedang melakukan kegiatan kemanusiaan kebencanaan," tutur Faiz.

Pokja kebencanaan DPD KNPI Indramayu dalam gerakan kali ini mendistribusikan beberapa jenis bantuan berupa air mineral, mie instans, beras, popok, pembalut wanita, susu instans, buah-buahan, obat-obatan dan vitamin, serta pakaian layak pakai dan selimut, termasuk beberapa alat kebersihan.

Sampai saat ini pokja kebencanaan KNPI masih menerima barang bantuan dari berbagai pihak yang dikirimkan ke Posko Pokja Kebencanaan KNPI di Gedung Pemuda Indramayu.

Selain mendistribusikan bantuan dalam bentuk barang, KNPI Indramayu berpartisipasi juga mendistribusikan beberapa fungsionarisnya dalam penanganan banjir sebagai relawan-relawan bencana yang berada dibeberapa posko dan juga dapur umum diwilayah yang terdampak banjir.

Kemudian DPD KNPI Indramayu pun akan melakukan kegiatan Trauma Healing bagi korban banjir, yang bertujuan menumbuhkan Kembali semangat korban banjir, khususnya anak-anak.

"Kami melihat seluruh rekan-rekan fungsionaris DPK KNPI di kecamatan yang terdampak ikut aktif dalam melakukan kegiatan penanganan korban banjir, meskipun diantara mereka pun terdampak banjir," imbuhnya.

Selain itu beberapa DPK KNPI kecamatan lainnya yang tidak terdampak banjir juga melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan mengumpulkan bantuan untuk didistribusikan kepada korban yang terdampak.

"Kami sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam gerakan penanganan banjir di kabupaten indramayu, dan berharap kehidupan masyarakat yang terdampak banjir segera kembali seperti sedia kala," harap Faiz. (jay)

Bagikan Artikel

Rekomendasi