Kehadiran dan Peran PKK Harus Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat

Minggu, 14 Februari 2021 : 08.33
Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster/ist

Denpasar - Kehadiran dan peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diharapkan dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengajak para kader PKK untuk menghayati serta mengamalkan butir-butir yang terkandung dalam 10 program pokok PKK.

Harapan tersebut disampaikan Ny Putri Koster dalam arahannya saat menyerahkan langsung hadiah berupa 250 kg beras kepada para kader PKK yang berhasil menjawab sejumlah pertanyaan terkait program pokok PKK, saat acara Temu Kader PKK se-Provinsi Bali yang digelar secara virtual beberapa waktu lalu.

Dalam arahannya di Kantor Desa Buruan, Blahbatuh (Gianyar) pada Jumat (12/2), Ny Putri Koster menyampaikan bahwasannya PKK merupakan gerakan yang tumbuh dari bawah untuk membangun keluarga sejahtera sebagai unit atau kelompok terkecil dalam masyarakat.

Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama dari PKK.

Gerakan PKK di tengah masyarakat memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Banyak hal yang bisa dilakukan PKK sesuai dengan apa yang tercantum dalam 10 program pokok PKK, baik itu meliputi sandang, pangan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Seperti misalnya, penataan halaman rumah dengan tanaman yang bermanfaat bagi keluarga seperti sayur mayur dan bumbu dapur sehingga halaman yang asri, teratur, indah dan nyaman (HATINYA) PKK dapat terwujud di setiap rumah.

Demikian pula dengan kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Posyandu serta kegiatan lainnya yang menyentuh langsung sampai satuan terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga.

“Penting sekali bagi kader PKK untuk mengetahui, menghayati sekaligus mengamalkan apa yang tercantum dalam 10 program pokok PKK. Kader PKK harus bisa menjadi contoh dan memberi contoh di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Semua harus bekerja, bersinergi dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, kita mantapkan program kerja sehingga kehadiran dan peran PKK dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat.

Putri yang juga sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Bali dalam kesempatan itu juga mengajak masyarakat untuk selalu menggunakan produk-produk kerajinan yang diproduksi oleh IKM maupun UMKM.

Di tengah pandemi Covid 19 ini, selain para perajin akan tetap bisa hidup dan produktif, kelestarian dari produk-produk kerajinan lokal bisa tetap dijaga kelestariannya.

“Kita semua harus bangkit dari rasa pesimis menjadi optimistis, kita harus tetap bergerak, lakukan kegiatan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sehingga satu sisi kita terhindar dari virus dan di sisi lain ekonomi kita bisa selamat,” ujarnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi