Gelar Rakernas di Bali, RCI Antisipasi Perkembangan Digitalisasi dan Mobil Listrik

Selasa, 16 Februari 2021 : 07.37
DPP Perkumpulan RentCar Indonesia (RCI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II di Bali/Kabarnusa

Mangupura - DPP Perkumpulan RentCar Indonesia (RCI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II di Bali untuk konsolidasi anggota dalam merespon berbagai tantangan bisnis jasa sewa kendaraan seperti perkembangan teknologi di era digitalisasi hingga mobil listrik.

Rakernas rencananya berlangsung di Hotel Fairfield, Sunset, Kuta, Badung 16-18 Febaruari 2021, dihadiri Ketua Umum RCI Edhie Wibowo dan 23 pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD), tiga Dewan Pengurus Cabang (DPC) se-Indonesia.

Tema Rakernas yang sedianya digelar di Jakarta, namun akhirnya digelar di Bali itu adalah "Membangun SDM yang Unggul di Bidang Sewa Kendaraan".

Sekjen RCI Rescky Noereal Roma menyatakan, sesuai tema diangkat, tentunya melalui Rakernas ini, pihaknya ingin membangun SDM yang unggul di bidang jasa sewa kendaraan.

"Selama ini, rental mobil masih dianggap sebagai usaha rumahan atau UMKM, tetapi yang membedakan kita di RCI yang terdaftar bukan sebagai perorangan melainkan perusahaan," tuturnya saat konferensi pers, Senin (15/2/2021) malam.

Untuk itu, ke depan, anggota atau para pengusaha RCI diharapkan bisa menciptakan kenyamanan terhadap pengguna sewa kendaaraan. Pengurus ke depan ada beberapa agenda seperti membuat pelatihan, atau latihan bagi anggota seperti driver dan sdm lainnya.

Selain itu, pihaknya mencoba membuat promosi lintas daerah. Promosi yang akan dibangun setiap daerah yang tentunya memiliki potensi masing-masing, bagaimana bisa berkembang kemudian diangkat dikombinasikan dengan potensi daerah lainnya agar bisa berkembang.

RCI akan membangun kesiapan perihal informasi dan teknologi era digital hingga rencana pemerintah untuk mulai memberlakukan mobil listrik.

Anggota mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi untuk mempermudah akses pengguna jasa dan sewa kendaraan.

Diplihnya Bali sebagai Rakernas, tidak lain karena melihat sebagai daerah tujuan pariwisata dunia di mana bidang jasa sewa kendaraan berkembang cukup pesat.

"Harapannya, agar teman-teman RCI Bali bisa berbagi, sharing bagaimana pengelolaan sewa kendaraan dengan teman-teman daerah lain atau anggota RCI, karena Bali dianggap sebagai barometer pariwisata termasuk bidang sewa kendaraan," imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua DPD RCI Bali I Made Suandana, menyatakan, forum Rakernas yang digelar di Bali tentunya cukup penting bagi para pemain jasa tranportasi atau sewa kendaraan di tengah pandemic Covid-19 memukul kegiatan usaha mereka.

"Harapan kami, dipilihnya Bali bisa memberikan angin segar, agar kita terus bergerak dan kegiatan jasa sewa kendaraan bisa lebih intens membuat gebrakan-gebrakan ke depan dan saat situasi pemulihan ekonomi berlangsung kita sudah siap seperti menghadapi era digital termasuk rencana pemakaian mobil listrik," tuturnya.

Pihaknya juga berharap melalui RCI ini bisa memberikan peluang bisns transportasi sewa kendaraan termasuk di luar Bali, dengan edukasi bagaimana mengembangkan usaha secara Bersama-sama dengan anggota RCI se nusantara. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi