FA KMHDI Gelar Webinar Nasional, Dukung Pemerintah Edukasi Masyarakat Pandemi Covid-19

Minggu, 07 Februari 2021 : 20.06

Denpasar - Sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan Rapat Koordinasi Nasional, Forum Alumni Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (FA KMHDI) mengadakan Webinar Nasional dengan tema "Spirit Tat Twam Asi Dalam Mengatasi Pandemi Covid-19."

Webinar nasional ini dilaksanakan pada hari Sabtu 6 Februari 2021 dalam format online. Target peserta dari kegiatan webinar ini adalah 300 orang.

Namun sejak pendaftaran, masyarakat yang mendaftar telah mencapai hampir 500 orang yang akhirnya kegiatan webinar juga di broadcast melalui platform youtube.

Dalam laporan panitia, I Gde Dharma Nugraha selaku Ketua Panitia yang juga merupakan mantan Presidium PP KMHDI masa bhakti 2008-2010 menyampaikan bahwa Webinar ini memiliki tujuan sebagai ajang konsolidasi dan pemantapan program kerja FA KMHDI.

Webinar ini juga bertujuan untuk memperkuat niat FA KMHDI untuk memberikan sumbangsih nyata dalam menghadapi tantangan nasional demi mencapai Indonesia Maju.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memahami secara utuh upaya pemerintah dalam memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia serta bersama-sama untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia.

Ketua Presidium FA KMHDI, Ir. I Ketut Wiriana, menyampaikan bahwa keberadaan FA KMHDI sebagai bagian dari masyarakat memiliki komitmen untuk berkontribusi membantu masyarakat dalam menghadapi pandemic Covid-19.

Kontribusi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang salah satunya adalah dengan mengedukasi masyarakat agar patuh dan disiplin dalam beraktivitas sehari-hari di tengah pandemic Covid-19 ini.

Dalam sambutannya, ia mengingatkan ajaran luhur Tat Twam Asi yang sangat relevan dengan pandemi ini. Tat Twam Asi adalah ajaran Hindu yang menyatakan bahwa Aku adalah Kamu dan Kamu adalah Aku.

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, Tat Twam Asi dapat diartikan bahwa dengan menjaga kesehatan pribadi, kita turut menjaga kesehatan orang lain.

"Dalam pandemi ini, juga ada kasuskman atau hikmah yang dapat dipetik, yaitu salah satunya muncul semangat solidaritas atau semangat saling menolong," ujarnya.

Dalam pemaparannya yang mengambil judul "Spirit Tat Twam Asi dalam Mengatasi Pandemi Covid-19," Ari Dwipayana juga menyampaikan strategi pemerintah yang disimbolkan sebagai TriSula Penanganan Pandemi Covid-19.

TriSula itu terdiri dari, Pengendalian Covid-19 dan Penanganan Kesehatan, Jaring Perlindungan Sosial, dan Pemulihan dan Transformasi Ekonomi. (riz)

Bagikan Artikel

Rekomendasi