Tim SAR Lakukan Medevac Seorang Nahkoda KM Asia Persada

Jumat, 01 Januari 2021 : 19.15

Buleleng - Seorang Nakhoda kapal cargo, KM Asia Persada awalnya memerlukan bantuan evakuasi di tengah laut karena mengalami sakit, dan lokasi kapal saat itu berada di Perairan Celukan Bawang Buleleng.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar ( Basarnas Bali) mendapatkan informasi pada hari Jumat pukul 11.10 Wita, (1/1/2021).

"Kami terima laporan dari KSOP Celukan Bawang bahwa ada permintaan bantuan medical evacuation 1 ABK KM Asia Persada," ujar Gede Darmada, Kepala Kantor Basarnas Bali.

Diketahui identitasnya atas nama Abdul Kadir (55) asal Surabaya dan merupakan nakhoda kapal tersebut. Hasil dari koordinasi disepakati posisi penjemputan berada di koordinat 8°11'0.76"S - 114°50'53.07"E (Perairan Pelabuhan Celukan Bawang).

Basarnas Bali menggerakkan rigit inflatable boat (RIB) dengan 6 orang personil dari Pos SAR Buleleng. Pukul 14.10 Wita tim SAR merapat di lambung kanan KM Asia Persada dan 20 menit berselang korban dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia.

"Penjemputan jenasah dilakukan di Pelabuhan Celukan Bawang selanjutnya dibawa menuju RSUD Buleleng dengan menggunakan Ambulance PMI Kab Buleleng," sambungnya.

Tim SAR gabungan yang terlibat proses medevac diantaranya Pos SAR Buleleng 8 orang, KSOP Pelabuhan Celukan Bawang 3 orang, Polsek Pelabuhan Celukukan BAwang 4 Orang, Pos TNI AL Celukan Bawang 2 Orang, KKP Pelabuhan Celukan Bawang 2 orang dan PMI Kabupaten Buleleng 3 orang. (riz)

Bagikan Artikel

Rekomendasi