Rampungkan Pembangunan Konstruksi, Kampus UIII Depok Siap Terima Mahasiswa Baru

Sabtu, 23 Januari 2021 : 22.22

Depok - Pemerintah menargetkan pembangunan konstruksi utama kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), rampung pada Juni atau Agustus tahun 2021 sehingga kampus tersebut bisa mulai menerima mahasiswa baru.

Percepatan pembangunan kampus di Cimanggis, Depok ini menjadi salah satu prioritas karena telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Sehingga kegiatan perkuliahan UIII juga bisa mulai tahun ini," tutur Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Dalam kunjungan kerja ke proyek pembangunan kampus UIII di Depok pada Jumat (22/1), Helson menyampaikan, percepatan pembangunan kampus UIII juga sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas utama dari Presiden Joko Widodo.

Agenda prioritas bidang SDM adalah pengembangan pendidikan agama Islam yang mengedepankan semangat demokrasi, kebinekaan, moderasi beragama, dan menjadi rujukan dunia.

Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. UIII nantinya akan menjadi perguruan tinggi Islam berwawasan global sebagaimana amanat Presiden Jokowi.

“Kampus ini akan menjadi center of excellence yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," ujarnya.

Pembangunan kampus UIII sendiri dibagi dalam dua tahap awal. Tahap satu meliputi gedung rektorat, fakultas, plaza, asrama putra, dan perumahan dosen yang menjadi tanggung jawab kementerian Agama, sementara tahap dua mencakup gedung perpustakaan, masjid, dan asrama putri yang menjadi tugas Kementerian PUPR.

Helson meminta Kementerian Agama dan Kementerian PUPR segera menyiapkan rencana pembangunan tahap berikutnya, yaitu tambahan gedung fakultas, balai sidang, dan pusat olahraga serta memastikan kesiapan infrastruktur penunjang lainnya agar mahasiswa dapat belajar dengan nyaman di kampus ini.

Perwakilan Kementerian Agama Syafrizal sebagai Panitia Pembangunan Kampus UIII menuturkan, pembangunan tahap satu tinggal menyisakan pekerjaan gedung rektorat dan plaza kampus dengan progres fisik saat ini mencapai 61%.

Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR Iwan Suprijanto juga melaporkan perkembangan pekerjaan tahap dua, yaitu gedung perpustakaan dan masjid dengan progres sebesar 55% dan asrama putri sebesar 75%.

Keduanya optimistis seluruh pekerjaan tersebut dapat tuntas tepat waktu.

Rektor UIII Profesor Komaruddin Hidayat yang hadir dalam kunjungan kerja KSP menyambut dukungan yang diberikan berbagai pihak dalam pembangunan kampus UIII.

“Kami sangat siap untuk memulai kegiatan akademik pada tahun ini," kata dia.

Kata Komaruddin, UIII telah menyiapkan tenaga pengajar terkemuka dari dalam dan luar negeri serta menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswa lima angkatan pertama.

“UIII juga akan membuka program pascasarjana dengan tujuh fakultas, meliputi kajian Islam, ekonomi Islam, pendidikan, sosial-humaniora, sains-teknologi, hingga seni dan arsitektur," tambah mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah tersebut. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi