KKP Tanam 2,9 Juta Batang Mangrove Guna Pulihkan Ekosistem Pesisir

Minggu, 17 Januari 2021 : 15.44
KKP Tanam 2,9 Juta Batang Mangrove Guna Pulihkan Ekosistem Pesisir

Jakarta – Sepanjang tahun 2020, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) telah melakukan penanaman 2.975.129 batang mangrove dengan luas area mencapai 448.18 hektare (ha).

Penanaman mangrove dilakukan di 18 kabupaten/kota di Indonesia, yaitu Aceh Jaya, Aceh Selatan, Pesisir Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Indramayu, Brebes, Cirebon, Karawang, Sidoarjo, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Rembang, Sambas, Singkawang, Mempawah, dan Penajam Pesisir Utara.

Dirjen PRL, TB Haeru Rahayu atau yang biasa disapa Tebe mengatakan kegiatan penanaman mangrove di 18 lokasi dilakukan secara padat karya dengan jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 2.645 orang.

Selain bertujuan untuk pemulihan ekosistem pesisir, pada tahun 2020 kegiatan penanaman mangrove disandingkan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya.

"Tujuannya untuk membantu masyarakat pesisir yang terdampak pandemi, khususnya masyarakat sekitar hutan mangrove,” ujarnya.

Ia menjelaskan, mangrove merupakan salah satu ekosistem pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Untuk itu, program penanaman mangrove akan dilanjutkan pada tahun 2021.

“Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 – 2024, KKP menargetkan penanaman mangrove seluas 400 ha di tahun 2021. Sampai tahun 2024, KKP berencana melakukan penanaman mangrove seluas 1.800 ha,” sambungnya.

Berdasarkan data, luas mangrove di Indonesia mencapai 3,49 juta ha dengan komposisi 2,17 Juta Hektare wilayah hutan dan 1,32 Juta Hektare non hutan.

Ia berharap, kegiatan penanaman mangrove ini dapat memperbaiki kondisi ekosistem mangrove di Indonesia. “Semoga masyarakat dapat menjaga dan merawat bibit mangrove yang ditanam, serta dapat merasakan manfaat keberadaan ekosistem mangrove,” tutupnya. (riz)

Bagikan Artikel

Rekomendasi