Bupati dan Wabup Tabanan Dukung dan Apresiasi Program KOPI Pewarta

Senin, 25 Januari 2021 : 13.54
Suasana Launching KOPI Pewarta yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom di Kantor Diskoninfo Kabupaten Tabanan

Tabanan – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wityastuti dan Wakil Bupati (Wabup) Tabanan I Komang Gede Sanjaya mendukung dan mengapresiasi Program Komunikasi Penuh Ispirasi (KOPI) Pewarta yang digagas p;eh Persatuan Wartawan Tabanan (Pewarta).

Hal itu diungkapkan Bupati dan Wabup Tabanan saat launching Program KOPI Pewarta melalui aplikasi zoom secara daring dari Kantor Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskoninfo) Kabupaten Tabanan, Senin (25/1/2021).

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya mengemukakan,akan pentingnya komunikasi dalam menyukseskan program pembangunan yang dilakukan pemerintah dengan melibatkan semua pihak termasuk awak media yang tergabung dalam pewarta.

“Peran para jurnalis termasuk Pewarta sangat penting dalam hal ini mengedukasi masyarakat dalam upaya mensukseskan pembangunan oleh pemerintah termasuk dalam mengedukasi dalam pencegahan Covid-19,” jelasnya.

Disebutkan, kasus Covid-19 saat ini tidak hanya berpengaruh terhadap prekonomian baik di Tabanan maupun masyarakat Bali pada umumnya, namun pandemi Covid-19 itu telah menyebabkan krisis mental di kalangan masyarakat luas.

Untuk itu, peran semua pihak sangat diperlukan guna melakukan sinergi dalam memerangi penyebran Covid-19 yang tak kunjung kapan akan berakhir. “Jangan kendor dalam menjalankan Prokes, dan saya harap masyarakat Tabanan tidak putus asa serta tetap kreatif di tengah pandemi,” ajaknya.

Di sisi lain, Wabup Komang Gde Sanjaya mengibaratkan awak media Pewarta merupakan sosok Hanoman selaras dengan inspirasi tokoh dalam pewayangan Rama dan Shinta.

Di sini, Pewarta menurut Sanjaya akan mampu memberikan informasi yang jelas, lugas dan edukatif seperti sosok Hanoman yang berangkat ke Negeri Alengka guna memastikan kesimpangsiuran informasi yang terjadi di bawah.

Tujuan Hanoman adalah agar Rama mauoun Shinta tidak salah menerima informasi, demikian pula dngan awal Pewarta diharapkan mampu memberikan informasi dengan pemerintah ke depan dengan mengedukasi masyarakat, menambah kepercayaan masyarakat agar tetap tangguh serta kreatif di masa-masa pandemi saat ini.

“Peran Pewarta sangat penting ke depan dengan bersinergi dengan masyarakat dalam memberikan informasi kepada masyarakat Tabanan,” tegas Sanjaya

Pada kesempatan tersebut, Sanjaya yang juga Calon Bupati Tabanan terpilih tersebut juga menegaskan akan tetap melanjutkan program pemerintah yang pernah dilakukan oleh Eka-Jaya sebelumnya.

"Dengan bimbingan dari Bupati Eka, semua program yang telah dicanangkan sebelumnya tetap akan direalisasikan saat kami dilantik menjadi Bupati Tabanan nanti demi terciptanya masyarakat yang Aman, Unggul dan Madani (AUM)," paparnya.

Sebelumnya, Ketua Pewarta I Made Dony Darmawan dalam sambutan pembukaannya mengemukakan, Program KOPI Pewarta adalah salah satu program dari beberapa program kerja Pewarta pada tahun 2021.

"Tujuan dari KOPI Pewarta adalah menghadirkan tokoh tokoh inspiratif baik yang ada di lingkaran pemerintah dan luar pemerintah. Seperti Eksekutif, Legislatif, Forkompinda, OPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh lainya.

Tokoh tokoh inspiratif yang diundang di dalam acara KOPi Pewarta bisa mengungkapkan program kerjanya, baik yang sudah direalisaiskan maupun yang akan dikerjakan, serta kiat-kiatnya meraih kesuksesan," paparnya.

Ditegaskan, KOPI Pewarta akan digelar satu bulan sekali, sesuai dengan tema yang ditentukan. Hasil dari KOPI Pewarta dengan tokoh tokoh inspiratif tersebut akan dimuat di media masing-masing anggota Pewarta.

"KOPI Pewarta juga akan disiarkan secara off line melalui akun media sosial FB Pewarta Funpage yang dimiliki Pewarta. Sehingga hasil komunikasi penuh inspirasi ini dapat diterima dan dicerna oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Tabanan.

Pun pimpinan daerah bisa menjadikan hasil komunikasi penuh ispirasi ini sebagai salah satu referensi untuk menentukan arah kebijakan pembangunan di Tabanan," jelasnya.

Selain memberiikan sambutan dan arahan, pada kesempatan tersebut Bupati dan Wabup Tabanan juga sempat menjawab peretranyaan sejumlah pertanyaan wartawan terkait isu-isu terkini di Kabupaten Tabanan.

Selain dihadiri dan diikuti seluruh anggota Pewarta, lounching KOPI Pewarta juga dihadiri dan diikuti Kepala Dinas Infokom KabupatenTabanan I Putu Dian Setiawan dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Tabanan I Ketut Ridia. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi