Wagub Cok Ace Pimpin Upacara Pamahayu Jagat, Maguru Piduka lan Mabendu Piduka di Tiga Pura

Jumat, 04 Desember 2020 : 20.39

Bangli - Pemerintah Provinsi Bali dipimpin Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dengan didampingi Ny. Tjok Putri Hariani Ardana Sukawati Menghadiri Karya Upacara Pamahayu Jagat Maguru Piduka lan Mabendu Piduka di Pura Ulundanu Desa Songan, Kintamani, Bangli, Jumat, (4/12/2020).

Setelah melaksanakan Karya Upacara Pamahayu Jagat, Maguru Piduka lan Mabendu Piduka di Pura di Pura Ulundanu Songan, Kintamani, Wagub Cok Ace beserta rombongan melanjutkan rangkaian upacara yang sama ke Pura Puncak Mangu, Desa Pelaga, Petang, Kabupaten Badung dan Pura Sad Kahyangan Uluwatu, Desa Pecatu, Kabupaten Badung.

Rangkaian upacara digelar guna memohon keselamatan alam beserta isinya, terutama ditengah-tengah pandemi covid-19 yang melanda saat ini yang tak hanya menimpa Bali namun seluruh masyarakat dunia.

Dengan kepercayaan masyarakat Hindu Bali, upacara yang diiringi dengan doa diharapkan mampu menyeimbangkan kondisi alam Bali ke situasi yang harmonis dimana pandemi covid - 19 hilang dan kehidupan masyarakat bisa kembali normal.

Upacara Pamahayu Jagat sendiri dilaksanakan setelah Bali dirasa menunjukan tanda-tanda akan kembali membaik dan tatanan kehidupan mulai pulih seperti sedia kala, maka untuk memohon keselamatan dilakukan rangkaian terakhir yaitu Pamahayu Jagat.

Upacara Yadnya Pamahayu Jagat yang dihaturkan merupakan rasa bhakti atas anugerah Tuhan serta untuk memohon izin, restu, tuntunan serta perlindungan agar Tuhan Yang Maha Esa berkenan memberikan anugerahnya.

Rombongan nampak berbaur dengan masyarakat pemedek setempat yang khusuk melaksanakan persembahyangan bersama. Tampak terlihat hadir mantan Gubernur Bali periode 1998 - 2003 dan 2003 - 2008 Dewa Made Beratha, yang turut mendoakan pelaksanaan upacara.

Upacara di tiga lokasi Pura tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Istri Karang dari Gria Suci Sibetan. (riz)

Bagikan Artikel

Rekomendasi