UNHI Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Esai Soal Lingkungan

Minggu, 20 Desember 2020 : 20.37

Denpasar - Himpunan Mahasiswa Program Studi Perancangan Wilayah dan Kota Universitas Hindu Indonesia (UNHI) menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Esai soal lingkungan.

Kegiatan melalui daring ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam tanggap isu serta permasalahan global.

Pandemi Covid 19 yang selama 9 bulan ini menimpa seluruh dunia, menjadi tantangan besar umat manusia dan peran generasi milenial sangat penting dalam menjaga keutuhan bangsa.

Kegiatan diselenggarakan Sabtu, 19 Desember 2020 di Gedung Fakultas Teknik Universitas Hindu Indonesia, mengusung tema “Strategi di Era Pandemi”.

Peserta LKTI tingkat SMA/SMK yang lolos seleksi adalah SMA Negeri Bali Mandara dengan mengirim 2 (dua) tim, SMA N 1 Bebandem. Kemudian perserta Essay tingkat SMP yang sudah diseleksi ialah SMP Payangan sebanyak 2 (dua) tim, SMP N 1 Kuta Selatan, SMP 3 Semarapura.

Tujuan spesifik dari kegiatan LKTI & Essay 10 HMPWK UNHI adalah memberikan wadah dan kesempatan siswa untuk mengembangkan apresiasi dan kreativitas dalam pembuatan karya tulis ilmiah dan essai.

Mengembangkan kepekaan di kalangan pelajar terhadap kondisi kekinian perkotaan dengan membangun budaya berpikir kritis.

Selain berpikir kritis, siswa juga mengasah mental serta mengikuti arus globalisasi dengan lomba yang dilaksanakan melalui daring via zoom. Ujar Buma Ketua Panitia Kegiatan.

Ketua Panitia Kegiatan I Gede Buma Dyatmika menyatakan harapan agar siswa memiliki kepedulian dengan lingkungan sekitarnya melalui karya tulis ilmiah dan esai.

Juga terus mengasah diri melalui kompetisi akademis, siswa diharapkan berkontribusi memberikan buah pemikirann dalam permasalahan global terutama implikasi Pandemi Covid-19 terhadap kehidupan yang menggeser perubahan perilaku kebudayaan masyarakat.

Ketua HMPWK UNHI, Made Indirwan Indraguna menegaskan langkah awal ini untuk membuktikan anak muda terutama siswa sekolah menengah dapat berkontribusi terhadap negara melalui sebuah karya tulis akademis.

Selain itu, memberikan solusi-solusi alternatif dan gagasan menghadapi pandemi melalui lomba atau karya tulis. "Ini merupakan tantangan yang berat bagi kita semua, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kita dalam menghadapi pandemi ke depan," tegasnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi