Sudah Dinyatakan Negatif Covid-19, Kampus Poltrada Bali Pulangkan Mahasiswanya

Selasa, 08 Desember 2020 : 09.56
Direktur Poltrada Bali Bambang Wijanarko saat memberikan pengarahan kepada taruna dan atruni Poltrada Bali yang akan dipulangkan karena sudah sehat dan suda terkonfirmasi negatif covid-19

Tabanan - Setelah dinyatakan sembuh dan terkonfirmasi negatif covid-19, sebanyak 242 orang Mahasiswa/taruna-taruni Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali di Tabanaan yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, akhirnya di pulangkan ke rumahnya masing-masing.

Direktut Poltrada Bali Bambang Wijanarko mengungkapkan hal itu kepada para wartawan saat konfersi pers di kampus Poltrada Bali di Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Selasa (8/12/2020) pagi.

Bambang Wijanarko mengungkapkan, dari 312 taruna-taruni Poltrada Bali yang datang ke kampus Poltrada tanggal 7 November 2020 untuk pengenalan kampus dan pengenalan Kementerian Perhubungan, meski sudah membawa surat keterangan negatif Covid-19, setelah beberapa hari berada di kampus ternyata beberapa di antaranya ada yang menunjukkan gejala demam, batuk dan anosmia.

Saat dilakukan Swab hasilnya 242 orang taruna di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

Setelah dilakukan isolasi mandiri dan perawatan di Kampus Poltrada, berdasarkan hasil Swab terkonfirmasi 242 taruna yang sebelumnya positif dinyatakan sehat atau terkonfirmasi negatif Covid-19.

Oleh karena itulah, berdasarakan pertimbangan Tim Dokter Poltrda Bali dan Dinas Kesehatan, mereka sudah diijinkan untuk pulang ke daerhanya masing-masing.

"Para taruna dan taruni sejumlah 242 orang yang sudah diswab hasilnya terkonfirmasi negatif, hari ini kami pulangkan. Sebelumnya, 70 taruna taruni yang terkonfirmasi negatif sudah dipulangkan terlebih dulu selesai mengikuti pengenalan kampus. Kami menganut prinsip masuk ke kampus Poltrada Bali sehat maka pulang pun harus sehat," tegasnya.

Sebelumnya, saat memberikan pengarahan kepada taruna dan taruni yang akan dipulangkan hari ini, Direktut Poltrada Bali berpesan agar seluruh taruna dan taruni saat pulang tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Baik itu selama dalam perjalanan pulang maupun setelah sampai di rumah masing-masing. "Tetap jaga kesehtan dengan menerapkan prokes secara ketat yakni memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dalam setiap aktifitas," pesannya.

Direktur Poltrada Bali juga berpesan kepada taruna dan taruni yang disebutnya sebagai anak-anaknya bahwa sesampainya di rumah masing-masing agar segera menyiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh.

"Sampaikan salam saya kepada orang tua masing-masing. Saya ingatkan, Poltrada Bali sudah mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh. Nanti setelah sampai di rumah agar langsung melakukan video call dengan Poltrada Bali untuk memastikan bahwa anda sudah sampai di rumah dengan selamat dan siap mengikuti pembelajaran jarak jauh," pesannya.

Kalaksa Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Bali yang juga Sekretaris Satgas Covid-19 Bali I Made Rentin yang hadir saat memberikan pengarahan kepada taruna dan taruni mengungkapkan, seluruh taruna-taruni Poltrada Baliyang hari sudah dinyatakan negatif Covid-19, tetapa harus waspada karena potensi cvid-19 masih tetap ada pada diri masing-masing.

Dijelaskan, para taruna dan taruni Poltrada Bali dari seluruh Indonesia saat masuk ke kampus sudah melakukan prokes kesehatan dengan surat keterangan hasil Rapid test negatif.

Namun dalam perjalanan ke kampus Poltrada ada sejumlah interaksi di bus, bandara dan di dalam pesawat maka saat di kampus Poltrada Bali ada yang positif dan akhirnya menyebar ke taruna dan taruni lainnya.

Setelah dilakukan isolasi mandiri dan perawatan akhirnya sembuh.

"Tetap jaga Prokes secara ketat dan selalu terapkan iman, aman dan imun pada diri masing-masing. Terapkan Iman dengan selalu menjalankan ibadah, aman dengan selalau menerapkan Prokes Covid-19 dan menjaga Imun dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan selalu berolah raga," pesannya.

Pada kesempatan tersebut Made Rentin juga berpesan kepada para taruna dan taruni yang sebelumnya sudah pernah terkonfirmasi positif dan sembuh sudah terkonfirmasi negatif sesampainya di daerah masing-masing, sesuai kebijakan nasional agar bersedia menjadi donor plasma demi kemanusiaan.

Selain itu, Made Rentin juga berpesan agar seluruh taruna dan taruni Pltrada Bali sesampainya di daerha masing-masing bersedia menjadi duta dan agen edukasi Covid-19 dengan memberikan edukasi tentang penanggulangan Covid-19 di masyarakat.

Utamanya mengajak kepada masyarakat dan komunitas untuk selalu menerapkan Prokes Covid-19.

"Kepada adik-adik para taruna-taruni Poltrada Bali, selamat pulang ke daerah dan rumah masing-masing. Tetap jaga dan terapkan Prokes. Saat ini adik-adik masih menjadi carier. Hindari interaksi dengan usia rentan yakni para lansia dan balita," pesannya menegaskan. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi