Pandemi Covid-19, Wisatawan Kini Bisa Manfaatkan Pedestrian di Malioboro

Senin, 21 Desember 2020 : 21.35
Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Malioboro Yogyakarta bisa memanfaatkan jalur bagi pejalan kaku atau pedestrian/Agus Nugroho Purwanto

Yogyakarta - Bagi wisatawan yang berkunjung ke Malioboro saat ini melihat adanya perubahan lalu lintas yang melewati sepanjang jalan Malioboro, dikarenakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberlakukan kawasan semi pedestrian Malioboro.

Salah satu anggota Polresta Yogyakarta yang berjaga Minggu (20/12/20202) malam, Fadhillah, menyampaikan, uji coba sudah dilakukan sejak pertengahan bulan Oktober 2020.

Sejak (16/11/2020) sudah diberlakukan aturan baru yakni larangan bagi kendaraan bermotor untuk melintas kawasan Malioboro, pada pukul 18.00 WIB - 21.00 WIB.

"Wisatawan dan pengguna jalan kendaraan bermotor tidak lagi bisa mengakses ke kawasan Malioboro seperti biasanya. Pedestrian ini adalah upaya dalam menuju world heritage city," ucapnya.

Menurutnya, kepolisian masih bersifat persuasif dan edukatif terhadap pengendara yang kedapatan belum mematuhi aturan semi pedestrian Malioboro, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Meski demikian, petugas selalu berjaga di sekitar kawasan Malioboro baik di persimpangan jalan maupun akses masuk ke kawasan Malioboro.

"Ini sebagai langkah pengawasan terhadap implementasi kebijakan itu. Karena ini kan masih aturan baru, jadi perlu pengawasan," ungkapnya.

Diharapkan kebijakan ini dapat dipatuhi seluruh pemakai jalan yang melewati dan wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan ikon wisata Yogyakarta ini sehingga bisa menentukan letak parkir kendaraan tanpa bingung berputar putar untuk masuk lokasi jalan Malioboro.

Tak lupa pihaknya berharap masyarakat atau wisatawan tetap disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yakni selalu memakai makser, mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer dan menjaga jarak dari kerumunan (social distanding). (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi