Lahan Tidur Desa Dawam Kaler Dusulap Menjadi Lembah Romantis yang Indah

Selasa, 22 Desember 2020 : 18.39
Wabup Made Kasta mengunjungi objek wisata Romantic Hill yang terletak di Bukit Lingga, Desa Dawan Kaler/ist

Semarapura - Memanfaatkan lahan tidur warga di Bukit Lingga Desa Dawan Kaler Kecamatan Dawan Klungkung akhirnya disulap menjadi "Romantic Hill" atau lembah romantis yang indah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta mengunjungi objek wisata Romantic Hill yang terletak di Bukit Lingga, Desa Dawan Kaler Kecamatan Dawan Selasa (22/12/2020).

Kegiatan dalam rangka meninjau perkembangan pembangunan objek wisata Romantic Hill yang tengah digarap oleh pihak Pemerintah Desa Dawan Kaler.

Perbekel Desa Dawan Kaler Kadek Sudarmawa mengatakan Objek Wisata Romantic Hill atau Lembah Romantis dibangun pada April 2020 lalu. Dibangun ditengah masa Pandemi Covid-19 untuk merangkul sejumlah warga yang terkena PHK dampak dari pandemi covid-19.

Dipilihnya nama Romantic Hill, menurut Perbekel Kadek Sudarmawa hal ini dikarenakan dipuncak bukit Lingga terdapat sebuah pura bernama Pura Lingga. Konon diyakini pura ini dapat mengabulkan keinginan pasangan yang ingin meresmikan hubungan ke jenjang pernikahan.

Perbekel Kadek Sudarmawa menjelaskan, pembangunan objek wisata Romantic Hill menggunakan lahan tidur milik warga seluas 1 hectar. Dengan tiket seharga Rp 15ribu, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan indah lembah perbukitan.

Selain itu Romantic Hill juga dilengkapi dengan sejumlah wahana bermain seperti ayunan yang menghadap ke lembah, bale bengong dan beberapa spot selfi yang menantang.

Perbekel Kadek Sudarmawa mengaku ditempat ini juga pernah dilakukan ujicoba olah raga paragliding dan ternyata berhasil. Paragliding mampu take off dan kembali landing ditempat semula.

Tidak hanya itu, di atas Romantic Hill juga telah disiapkan area untuk berkemah. Perbekel Kadek Sudarmawa mengatakan secara keseluruhan total area yang digunakan untuk kawasan wisata desa seluas 40 hektar.

Wakil Bupati Made Kasta mengakui, Desa Dawan Kaler memiliki potensi luar biasa. Selain untuk berwisata, tempat ini juga bisa dikembangkan sebagai tempat olahraga. Seperti olahraga tracking dan paragliding.

Bahkan dirinya akan mengajak rekan rekannya pecinta paragliding untuk terbang menikmati pemandangan perbukitan Dawan Kaler.

Wabup Kasta memberikan masukan kepada Perbekel Kadek Sudarmawa seperti penambahan wahana bermain, penanaman pohon buah dan pohon langka disekitar objek serta menambah tanaman aneka bunga untuk mempercantik area.(rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi