Forum APCAT, Bupati Suwirta Sharing Keberhasilan dalam Pengendalian Tembakau

Jumat, 18 Desember 2020 : 14.54
Bupati Suwirta menyampaikan pandangannya melalui Video Conference bertempat di ruang Kerja Kantor Bupati Klungkung Kamis (17/12/2020)/ist.

Klungkung - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pengalamannya dalam menangani masalah penyebaran Covid-19 dan pengendalian tembakau pada forum APCAT 5Th The Asia Pasific Summit Of Mayor.

Bupati Suwirta menyampaikan pandangannya melalui Video Conference bertempat di ruang Kerja Kantor Bupati Klungkung Kamis (17/12/2020).

Beberapa narasumber diantaranya Dr Gan Quan memberikan materi mengenai Global Tobacco Control, Dr. Guy Fones memberikan materi mengenai Global NCDs dari dan Dr. M Subuh memberikan materi Covid-19 and Health Lung.

Acara diisi narasumber dari kepala Daerah Se Asia Pasifik yang berbagi pengalaman mengenai penanganan Pandemi COVID-19 dan pengendalian Tembakau di daerah masing-masing.

Kepala Daerah tersebut antara lain, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Dr. Myo Aung dari Myanmar, Han Kosal dari Kamboja, Haryadi Suyuti dari Yogyakarta, Jose Martinho Dos Santos Soares, dari Timur Leste, Dr. K.H Mohammad Idris dari Kota Depok, Gazi Kamrul Huda Selim dari Bangladesh, Gaspar Soares dari Kota Dili Timor Leste, Manjunath Prasad dari India.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam paparannya menyampaikan untuk mengontrol penggunaan tembakau di daerah diperlukan beberapa langah penting.

Pertama, perlu komitmen yang kuat dari Kepala daerah dan jajarannya, serta melibatkan stake holder terkai. Kedua, perlu diadakan sosialisasi dan pedekatan persuasif dengan melibatkan generasi muda, tokoh masyarakat, ketiga, transparasi dan keempat, akuntabilitas.

Suwirta menambahkan, Klungkung telah mencapai beberapa hasil yang luar biasa terkait pengontrolan tembakau, diantaranya prevalensi merokok terendah di Provinsi Bali sebesar 13,5 persen. Juga, tidak ada lagi iklan tembakau outdoor dan point of sale di Wilayah Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta mengajak masyarakat untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal dalam mengontrol penggunaan tembakau.

"APCAT merupakan acara Penting, bagi saya dan mari kita semua dapat menginplementasikan pengalaman yang dibagikan oleh para narasumber kepada masyarakat di daerah masing-masing, agar dapat mengontrol penggunaan tembakau di masyarakat," ujar Suwirta. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi