Cegah Penyebaran Covid-19, Musala ITDC Batasi Jamaah

Jumat, 11 Desember 2020 : 22.06
Jamaah harus mematuhi prokes seperti dilakukan penegecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak/Kabarnusa.

Mangupura - Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 maka pembatasan jamaah yang akan melaksanakan ibadah salat diberlakukan di Musala Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua Bali.

Langkah itu diambil juga untuk mendukung himbauan pemerintah agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan atau prokes saat pandemi Covid-19. "Salat Jumat di musala ini baru dibuka kembali tiga Minggu lalu," sebut Aman salah satu Marbot atau penjaga Musala ITD Jumat (11/12/2020).

Selama beberapa bulan Musala ini tidak menyelanggarakan kegiatan ibadah Salat Jumat. Hal itu juga sesuai arahan pihak pengelola ITDC, untuk sementara waktu demi mencegah penyebaran Covid-19.

Saat ini, pihak pengurus musala belum membolehkan jamaah di luar pegawai ITDC atau tamu wisatawan di kompleks tersebut untuk sementara waktu.

Warga sekitar jika hendak melaksanakan ibadah Salat Jumat dipersilakan mencari musala atau masjid di luar komplek ITDC seperti di Masjid Ibnu Batutah dan lainnya.

Pada bagian lain, Aman menambahkan, prokes ketat diberlakukan bagi siapapun jamaah yang hendak beribadah di Musala ITDC. Jamaah harus mematuhi prokes seperti dilakukan penegecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak.

"Kami juga atur shaf jamaah salat agar tidak berdekatan atau menjaga jarak satu dengan lainnya guna menghindarkan kontak fisik atau kerumunan," imbuhnya.

Aman salah satu Marbot atau penjaga Musala ITD

Demikian juga, himbauan agar jamaah mematuhi prokes dengan disiplin 3M terus disampaikan setiap saat pelaksanaan salat jamaah termasuk saat Salat Jumat.

Jamaah diharapkan mematuhi 3M yakni selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak yang semuanya itu untuk menjaga melindungi jamaah dari Covid-19.

Syukurnya himbauan pengurus musala mendapat apresiasi positif jamaah yang dengan penuh kesadaran melaksanakan prokes.

"Jika ada jamaah yang tidak memakai masker, kami persilakan pulang mengambil masker dahulu, ini semata untuk memnberikan ketenangan dan kenyamanan jamaah dalam beribadah saat pandemi Covid-19," imbuhnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi