Cegah Klater Baru, Masyarakat Diingatkan Tidak Berlebihan Rayakan Tahun Baru

Selasa, 29 Desember 2020 : 11.00
Untuk upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 saat libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2021 Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1626/Bangli mengintensifkan pengawasan di obyek wisata/ist.

Bangli - Masyarakat diharapkan tidak berlebihan dalam merayakan Tahun Baru 2021 guna mencegah klaster baru penyebaran virus corona atau Covid-19.

Guna lebih memaksimalkan tugas dan hasil yang telah dilakukan Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1626/Bangli yang berjalan beberapa hari terakhir, Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dan meninjau langsung pelaksanaan kegiatan di lapangan, Senin (28/12/2020).

Untuk upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 saat libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2021 Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1626/Bangli mengintensifkan pengawasan di obyek wisata.

Wilayah yang menjadi sasaran peninjauan adalah wilayah Kintamani. Kintamani merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang ramai di kunjungi wisatawan.

Dandim asal Tabanan itu menyampaikan, Satgas Enforce Kerumunan menegakkan implementasi dari peraturan-peraturan yang ada seperti Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Bangli Nomor 39 tahun 2020.

"Meskipun dalam kegiatan Satgas Enforce mengedepankan langkah-langkah secara humanis, namun petugas akan mengambil tindakan tegas apabila ditemukan pelanggaran protokol kesehatan atau Prokes. Rekan-Rekani Satpol PP akan memberikan sanksi sesuai pelanggarannya", tegas dia.

Menurutnya, pembentukan Satgas Enforce Kerumunan untuk mengantisipasi liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di wilayah Bangli. Kerumunan massa yang mungkin terjadi pada masa liburan Nataru kali ini sangat beresiko terjadinya penularan COVID-19.

Selajutnya Dandim mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam merayakan pergantian Tahun Baru 2021 sehingga tidak memunculkan kluster baru Covid-19.

"Ingat pesan Ibu, menerapkan protokol kesehatan dengan melaksanakan pola 3M secara baik, benar dan sesusai aturan," katanya menegaskan.

Disiplin 3M yakni, agar masyarakat selalu memakai masker saat beraktivitas keluar rumah, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak dari kerumunan atau social distancing.

Selesai meninjau lokasi Dandim 1626/Bangli mengumpulkan anggota Koramil 1626-04/Kintamani di Makoramil setempat. Dandim menerima laporan dari Danramil 1626-04/Kintamani Kapten Chb Komang Gita tentang pelaksaan kegiatan Satgas Enforce Kerumunan di wilayah tugasnya.

Dalam pengarahannya kepada anggota Koramil 1626-04/Kintamani Dandim menekankan agar kegiatan Satgas Enforce Kerumunan benar-benar dilaksanakan dengan baik dan maksimal.

"Jalin kerjasama dengan dengan stake holder terkait seperti Polri, Satpol PP dan Pecalang agar kegiatan berjalan dengan baik. Komunikasi yang baik dengan pengelola usaha wisata agar tidak terjadi salah pengertian maupun komunikasi dalam pelaksanaan di lapangan. Tetap jaga prokes dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab," imbuhnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi