BI Corner, Perkuat Pemahaman Masyarakat Terhadap Fungsi dan Peran Bank Indonesia

Jumat, 11 Desember 2020 : 19.52
Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho Kamis, (10/12/2020) meresmikan Corner STAHN Mpu Kuturan Singaraja, sekaligus penyerahan Program Sosial Bank Indonesia/ist.

Singaraja - Bank Indonesia menginisiasi program BI Corner untuk memperkuat pemahaman masyarakat terhadap fungsi dan peran Bank Indonesia.

Program itu juga sebagai bentuk perhatian terhadap dunia pendidikan di Tanah Air termasuk di Provinsi Bali. Melalui PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) kali ini mengangkat tema “Indonesia Cerdas“, dan Bank Indonesia menginisiasi Program BI Corner.

Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho pada Kamis, (10/12/2020) meresmikan Corner STAHN Mpu Kuturan Singaraja, sekaligus penyerahan Program Sosial Bank Indonesia.

Trisno mengungkapkan, program Corner dilaksanakan untuk mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang fungsi dan peran Bank Indonesia.

Hal itu sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat dan ditunjang dengan kegiatan sosialisasi.

Hal ini juga tidak terlepas dari semangat Bank Indonesia untuk berperan aktif dalam menumbuhkan minat baca dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebanksentralan dan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah terhadap pembangunan SDM unggul demi terwujudnya visi Indonesia Maju.

Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho(kiri) bersama Anggota Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya (kanan) memotong pita.

“Selain desain dan fasilitas yang memadai dan di tunjang koleksi pustaka yang berkuwalitas, BI Korner juga di kembangkan dengan berbagai kegiatan yang bersifat edukatif sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas BI Corner ini”, ujar Trisno.

Lebih lanjut ia menerangkan hingga tahun 2020, telah membangun 16 BI Corner termasuk BI Corner di STAHN Mpu Kuturan.

"Kami juga telah membangun enam Pojok Baca dan Dongeng PAUD”, imbuhnya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali melalui Program Sosial Bank Indonesia(PSBI) menyerahkan bantuan pendidikan berupa laptop, proyektor dan screen sebanyak 48 paket bantuan yang di serahkan kepada 36 lembaga yang terdiri dari SD, SMP, SMA dan PT yang tersebar di seluruh wilayah kerja KPWBI Provinsi Bali.

Pada kegiatan PSBI ini diserahkan 10 paket untuk 8 lembaga di kabupaten Buleleng, yaitu 2 SD, 3 SMP, dan 2 SMA yang masing-masing memperoleh 1 paket bantuan pendidikan dan 1 PT yang mendapatkan 3 paket bantuan pendidikan.

Trisno mengharapkan partisipasi aktif dari mahasiswa, dosen dan Staf STAHN MPU Kuturan dalam memanfaatkan BI Corner sembari berpesan agar fasilitas yang ada di BI Corner dirawat dan ditambah koleksinya.

Anggota Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya akan memberikan kesempatan kepada kampus-kampus untuk dilengkapi BI Corner untuk menambah wawasan khususnya dibidang ekonomi makro, “namun tetap di sesuaikan dengan anggaran yang ada”, ujarnya.

Untuk menaikkan jumlah SDM yang memiliki tingkat pendidikan tinggi di dunia kerja.

Dia berharap bermunculan SMA-SMA seperti Bali Mandara yang telah berhasil mencetak siswa-siswi yang awalnya memiliki kemampuan biasa-biasa saja menjadi siswa yang cerdas yang memiliki karakter dan siap di arahkan untuk bisa masuk keperguruan tinggi yang berkualitas.

Salah satu penerima Program Sosial Bank Indonesia, Amar Makruf, selaku pimpinan STAI Grokgak sangat berterima kasih atas kepedulian Bank Indonesia Perwakilan Bali yang telah memberikan bantuan 3 unit laptop, tiga unit creen dan tiga unit LCD.

“Itu tentu sangat membantu sekali bagi kami dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi yang kami kelola, akan kami manfaatkan sebaik-baiknya sesuai pesan Kepala KPwBI Provinsi Bali,” tandasnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi