Banyak Anak Muda Berbakat Seni, Regenerasi Seniman di Bali Berjalan Baik

Kamis, 17 Desember 2020 : 21.58
Putri Koster mengajak untuk terus mengasah diri dan pengalaman dalam kesenian, khususnya tarik suara/ist

Denpasar - Banyaknya anak muda yang memiliki bakat seni memunculkan keyakinan regenerasi seniman di Bali bisa berjalan dengan baik.

Belakangan ini bakat-bakat muda di bidang seni bermunculan di Pulau Dewata, hingga membuat seniman multitalenta Putri Suastini Koster, tidak merasa khawatir akan proses regenerasi pelaku seni asal Bali untuk masa yang akan datang.

“Setelah melihat sendiri perkembangan bakat-bakat muda, Ibu tidak khawatir akan keberlangsungan seni di Bali, mengingat bakat seni anak-anak mudanya luar biasa,” puji pendamping orang nomor satu di Bali ini, saat menerima para finalis kompetisi Bintang Pop Bali TVRI di Rumah Jabatan Jayasabha, Denpasar pada Kamis (17/12/2020).

Di hadapan para finalis sebagian besar masih duduk di sekolah menengah pertama ini, Putri mengajak untuk terus mengasah diri dan pengalaman dalam kesenian, khususnya tarik suara.

“Di Bali, berkesenian adalah identitas dan kepribadian kita, sebagai jati diri kita di Bali. Asah diri terus, kapan saatnya untuk belajar, kapan untuk kegiatan seni. Jika fokus, pasti ananda akan sukses,” ujar sosok seniman serba bisa ini.

Tak lupa, Putri berpesan agar para penyanyi yang masih sangat belia ini dapat menempatkan diri dan penampilan sesuai dengan usianya atau jangan tampil berlebihan.

“Pakaian misalnya, pakailah yang nyaman, simpel tapi manis sesuai dengan usia. Karena pakaian yang nyaman juga menunjang performa di atas panggung, jadi lebih luwes. Penonton juga akan lebih fokus pada suara dan ekspresi ananda,” ujarnya.

Demikian halnya dengan make up, hendaknya disesuaikan dengan karakter remaja yang lebih natural. “Remaja bepenampilan-lah layaknya remaja. Lagu juga demikian, lagu cinta boleh, tapi cinta itu universal bisa cinta tanah air, alam juga cinta orang tua,” katanya lagi.

Pihaknya berharap ke depan makin banyak ajang serupa sebagai wahana penyaluran bakat anak-anak-muda Bali.

”Mudah-mudahan ke depan makin banyak wadah untuk bibit potensial seniman muda kita. Para finalis ini juga jangan berhenti sampai di sini, terus lanjutkan agar kemampuan makin terasah dan baik,” harapnya.

Finalis Putu Andika Pramana asal Buleleng mewakili rekan-rekannya mengaku pertemuan dengan Ny Putri Koster sangat berkesan dan bermakna bagi dirinya dan finalis lain.

Meskipun singkat, tetapi pertemuan ini sangat memotivasi kami dan banyak hal yang bisa kami pelajari,” ucapnya.

Pada perhelatan kali ini, tercatat 8 orang finalis Bintang Pop Bali TVRI masing-masing atas nama I Gusti Ayu Satya Rani Daniswari Bagya, AA Sri Mulya Raya, Ni Kadek Pradnya Putri Utami, Ayu Komang Kharisma Dewi, Putu Andika Pramana, Ni Putu Kita Suarianti, Dewa Ayu Agung Istri Mas Widia Pradnyasuari Pemayun dan Kadek Natasya Aurelia Saraswati.

I Gusti Ayu Satya Rani Daniswari Bagya asal Denpasar berhasil keluar menjadi juara 1 disusul Dewa Ayu Agung Istri Mas Widia Pradnyasuari Pemayun (juara 2) dan AA Sri Mulya Raya (juara 3). (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi