Tes Swab di Klungkung, Putus Penyebaran Covid-19 di TNI dan PNS

Selasa, 03 November 2020 : 00.00
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung beserta Tim Kesehatan Puskesmas 1 Gelgel dipimpin Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Sentanu memimpin tes swab di Makodim 1610/Klungkung Jalan A. Yani No 2 Klungkung, Senin (2/11/2020)/ist.

Semarapura - Guna memutus penyebaran virus corona para Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 1610/Klungkung menjalani Polymerase Chain Reaction (PCR) atau tes Swab.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung beserta Tim Kesehatan Puskesmas 1 Gelgel dipimpin Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Sentanu memimpin tes swab di Makodim 1610/Klungkung Jalan A. Yani No 2 Semarapura, Klungkung, Senin (2/11/2020).

Kegiatan dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Klungkung khususnya di lingkungan TNI, Polri dan ASN. Anggota Babinsa jajaran Kodim 1610/Klungkung yang terlibat dalam kegiatan ini 63 personel.

Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon yang juga selaku Dansubsatgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung menyampaikan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan program pemerintah.

Baik ASN dan TNI-Polri yang terlibat langsung ataupun tidak langsung dalam kegiatan penanganan pemutusan penyebaran Covid-19 dilakukan tes Swab secara masif.

"Danramil dan Babinsa dikhawatirkan yang melakukan kontak erat atau berinteraksi dengan warga sekitar yang terpapar Covid-19 sehingga sangat besar kemungkinan terpapar juga Virus corona atau Covid-19, " tuturnya.

Pihaknya berupaya melaksanakan tes Swab secara masif terhadap Danramil maupun Babinsa secara bertahap, dengan harapan akan diketahui secara dini tentang kondisi kesehatan mereka yang bekerja di lapangan.

Tes Swab dilaksanakan bertahap yang selanjutnya juga akan diikuti Personel Makodim 1610/Klungkung pada periode berikutnya. Nantinya dalam melaksanakan tugasnya aparat komando kewilayahan akan lebih percaya diri dan menambah keyakinan saat bertugas di lapangan.

"Lebih pentingnya lagi dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 yaitu dengan melaksanakan protokoler kesehatan yang benar dan bertanggung jawab", tegas Dandim.

Dalam Tes Swab ini, diserahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dan akan diuji terlebih dulu di laboratorium. Hasilnya akan diketahui dalam 3 hari ke depan. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi