Tatang Sobana Pimpin DKS, Bupati Doni: Kawal Kebijakan Sumedang Puseur Budaya Sunda

Rabu, 04 November 2020 : 21.10
Dalam Kongres Kebudayaan Daerah Sumedang yang kedua, memutuskan memilih Ketua Umum baru DKS yaitu Tatang Sobana yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Umum DKS/ist.

Sumedang - Pengurus Dewan Kebudayaan Sumedang yang baru diminta tetap mengawal kebijakan Sumedang Puseur Budaya Sunda.

Dalam Kongres Kebudayaan Daerah Sumedang yang kedua, memutuskan memilih Ketua Umum baru DKS yaitu Tatang Sobana yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Umum DKS, Selasa 27 Oktober 2020.

Kongres mengamanahkan terbentuknya kepengurusan baru Dewan Kebudayaan Sumedang yang akan bertugas mengawal Kebijakan Sumedang Puseur Budaya Sunda.

Pada prosesnya Dewan Kebudayaan merupakan lembaga yang pada dasarnya termaktub dalam Perda Nomor 1 tahun 2020 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda.

Bupati Sumedang Dr.H. Doni Ahmad Munir meminta kepada seluruh jajaran DKS untuk tetap kondusif dan konsisten mengawal Kebijakan Sumedang Puseur Budaya Sunda.

"Saat ini kita harus masif dalam mendiseminasi kebijakan ini agar mampu menyerap keinginan masyarakat banyak," tuturnya dalam sambutannya.

Kebijakan SPBS ini, lahir sebagai wujud dari keinginan seluruh masyarakat Sumedang yang dideklarasikan pada tanggal 26 April 2009 yang kemudian didukung dengan peraturan Bupati Sumedang no. 113 tahun 2009.

Hal ini, sudah dilindungi langsung oleh Peraturan Daerah sebagai Peraturan yang statusnya lebih tinggi daripada PERBUP. Begitu disampaikan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dalam materinya mengakselwrasi Pembangunan di Kabupaten Sumedang dengan kebijakan ini.

Erwan menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sumedang bangga dengan lahirnya kebijakan ini yang ternyata dikawal secara pro aktif oleh seluruh elemen masyarakat melalui langkah nyata dari Dewan Kebudayaan Sumedang pada masa kepeminpinan H. Muhammad Arisandhi Bahcrum.

Tidak ketinggalan pada sesi terakhir Dr. Herman Suryatman Sekda Kabupaten Sumedang memberikan motivasi kepada seluruh peserta Kongres agar semua mampu bersemamgat bersama dengan Pemerintah dalam mendorong Kebijakan SPBS agar kelak kebijakan ini mampu mendorong Daya Saing Daerah.

Hasil akhir dari Kongres ini menghasilkan terpilihnya ketua Umum baru DKS yaitu Tatang Sobana yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Umum DKS. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi