Tak Hanya Infrastruktur, Membangun Desa Harus Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Minggu, 01 November 2020 : 00.00
Pendamping Desa TPPI P3MD Kabupaten Malang Jawa Timur Ariv Iskandar Fatoni menyampaikan itu saat musyawarah desa di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Jawa Timur Rabu 28 Oktober 2020/kabarnusa

Malang - Membangun desa bukan hanya tentang pembangunan infrasturuktur semata tak kalah pentingnya bagaimana mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Infrastruktur bukanlah menjadi prioritas lagi untuk dibangun, membangun desa dengan menggunakan dana desa adalah bagaimana meningkatkan tarap hidup masyarakat desa," kata Pendamping Desa TPPI P3MD Kabupaten Malang Jawa Timur Ariv Iskandar Fatoni menyampaikan itu saat musyawarah desa di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 28 Oktober 2020.

Menurut Fatoni, pembangunan desa itu diharapkan bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa dan pengentasan kemiskinan serta kualitas SDM di desa meningkat.

Fatoni menuturkan, sejumlah indikator subjek keberhasilan pembangunan desa bisa di lihat dari hal berikut. Pertama tumbuhnya Partisipasi masyarakat desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pemberdayaan, pembinaan.

Kemudian, terwujudnya demokrasi yang baik, terselenggaranya pemerintahan desa yang transparan, dinamis dan efektif,akuntabel serta birokrasi desa berjalan efisien.

Kata Fatoni, memberi pemahaman dan pengetahuan tentang dDesa kepada masyarakat desa melalui media sosial merupakan bagian terpenting dari pemberdayaan.

"Ketika masyarakat desa lebih paham dan tahu tentang desa, maka akan lebih mudah mengajak mereka untuk ikut berperan dalam pembangunan desa," Fatoni menegaskan.

Untuk itu, siapapun bisa berperan dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang Desa, tanpa harus melihat latar belakang jabatan dan posisi dalam pemerintah desa.

Perkembangan jaman dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, di mana media sosial berada dalam genggaman masyarakat perdesaan, bisa dijadikan media yang efektif untuk menjangkau masyarakat desa tanpa harus melangkah dan membuat acara kegiatan khusus.

"Mari manfaatkan media sosial secara bijak untuk menyebarkan informasi positif tentang kegiatan pembangunan di desa, demi pencerdasan masyarakat," harapnya. (isk)

Bagikan Artikel

Rekomendasi