Raja Tabanan Dampingi Sabhantara Pekaseh Dukung Jaya-Wira

Jumat, 13 November 2020 : 21.17

Tabanan - Raja Tabanan Ida Cokorda Anglurah Tabanan mendampingi Sabhantara Pekaseh menyatakan dukungannya dan siap memenangkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan I Komang Gde Sanjaya dan I Made Edi Wirawan paket (Jaya-Wira) dalam Pilkada Tabanan yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang.

Dukungan tersebut diungkapan 50 orang Pekaseh yang mewakili 236 Pekaseh yang tergabung dalam organisasi Sabhantara Pekaseh Kabupaten Tabanan saat tatap muka di Puri Agung Tabanan, Jumat (13/11/2020).

Ketua Sabhantara Pekaseh Tabanan I Wayan Pugeh didampingi bendahara Sabhantara Pekaseh Tabanan I Made Pedra mengatakan, organisasi Sabhantara pekaseh hanya ada di Tabanan beranggotakan 236 pekaseh subak basah.

"Sabhantara Pekaseh Kabupaten Tabanan mendukung dan siap memenangkan Paslon nomor satu, Paket Jaya Wira karena melihat sosok Calon Bupati Komang Gede Sanjaya yang sangat peduli dan konsen dengan pertanian,”katanya.

Menurut Wayan Pugeh yang juga Pekaseh Subak Gede Lokapala, Desa Bongan, Tabanan ini, dukungan terhadap paket Jaya-Wira ini sudah disampaikan sebelumnya kepada seluruh pekaseh se Kabupaten Tabanan.

Sabhantara Pekaseh Tabanan menilai, sosok Komang Gde Sanjaya selama ini sudah terbukti peduli dengan keberadaan subak dan mampu membawa pertanian Tabanan lebih maju.

"Kami berharap jika kelak Jaya-Wira terpilih, nantinya akan lebih memperhatikan para pekaseh dan subak di Kabupaten Tabanan demi kemajuan pertanian," katanya berharap.

Pugeh juga berharap, mengingat tahun 2020 ini anggaran insentif untuk para pekaseh ditiadakan karena disisir untuk penanganan Covid-19, pihaknya berharap di tahun 2021 mendatang pemerintah kembali mengalokasikan insentif untuk para pekaseh seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Terkait permasalahan yang dihadapi petani di Tabanan seperti adanya serangan hama tikus di sejumlah subak, pihaknya berharap program mreteka atau ngaben tikus yang direncanakan tahun 2021 agar dapat diwujudkan.

Hal senada disampaikan bendahara Sabhantara Pekaseh Tabanan I Made Pedra yangf mengharapkan Jaya-Wira bila terpilih bisa mengatasi berbagai permaslahan yang sering dihadapi oleh para petani di Kabupaten Tabanan.

Tidak hanya serangan hama tikus, namun juga seringnya terjadi penurunan harga saat petani panen raya.

"Hal ini sering terjadi pada komoditas sayur-mayur dan palawija. Semoga saja maslah ini bisa ditangani," katanya berharap. Aspirasi yang disampaiakan Sabhantara Pekaseh tersebut, disambut positif calon bupati Komang Gede Sanjaya.

"Terima kasih atas dukungan Sabhantara Pekaseh kepada Paket Jaya-Wira. Kami selalu berkomitmen dengan pembangunan pertanian, segala permasalahan yang dihadapi petani dan pekaseh, akan kami perhatikan sungguh-sungguh untuk dicarikan solusi terbaik. Kami sudah memiliki formulanya," paparnya.

Calon Bupati Tabanan Koamng Gede Sanjaya pada kesempatan tersebut juga menyatakan terimakasihnya atas dukungan luar biasa yang diberikan oleh Raja Tabanan, Ida Cokorde Anglurah Tabanan untuk memenangkan paket Jaya Wira.

"Terima kasih atas dukungan luar biasa yang diberikan oleh Ida Cokorda Anglurah Tabanan yang sampai menjadikan Puri Agung Tabanan sebagai posko pemenangan paket Jaya Wira,” katanya.

Anggota DPR RI I Made Urip yang juga Ketua Tim Pemenganan Jaya -Wira, mengemukakan petani adalah pahlawan pangan. Ini sudah dibuktikan saat pandemi covid 19 hanya sektor pertanian yang bisa bertahan dan menjadi penyelamat.

"Terlebih di Bali yang terkena imbas covid 19 luar biasa. Namun kita diselamatkan oleh pertanian. Oleh karena itu, saya memastikan ke depan Jaya-Wira akan tetap setia memperhatikan petani dengan sejumlah program di hilir yang masih terkendala masalah pemasaran," kata anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian ini.

Selain dihadiri I Made Urip, pertemuan Paket Jaya-Wira dengan Sabhantara Pekaseh ini juga dihadiri anggota DPRD dari PDIP I Made Suparta, I Gusti Komang Wastana serta Ni Nengah Sri Labantari ketua Dpc Partai Gerindra Tabanan. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi