Polisi Gotong-royong Bersihkan Kali Tuntang Demak dengan Prokes Ketat

Selasa, 03 November 2020 : 20.38
Dalam kegiatan ini, seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Demak bergotong royong membersihkan sampah yang ada di sepanjang Kali Tuntang Demak, Selasa (3/11/2020)/Agus Nugroho Purwanto.

Demak - Untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba, Pemkab Demak menggelar Apel Bersama dalam rangka "Resik-resik Kali Tuntang Guyub Rukun Mbangun Demak".

Dalam kegiatan ini, seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Demak bergotong royong membersihkan sampah yang ada di sepanjang Kali Tuntang Demak, Selasa (3/11/2020).

Bupati Demak, H. M Natsir mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah antisipasi banjir.

"Mengingat sasaran dari kegiatan ini adalah kali tuntang yang menjadi salah satu icon Kabupaten Demak. Kegiatan ini juga merupakan wujud cinta dan rasa peduli kita terhadap Kabupaten Demak. Dimana kita hidup, makan dan minum serta berkarya di bumi Demak," ungkap Natsir.

Demak memiliki beberapa sungai besar yang bila tidak di jaga kebersihannya akan menjadi penyebab bencana. Untuk itu, wajib hukumnya bagi masyarakat Demak untuk selalu menjaga sungai di Demak.

"Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah di sungai. Mari kita bertekad agar sungai di tidak lagi menjadi bahan olok-olokan namun justru menjadi kebanggaan Kabupaten Demak," ucapnya.

Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama menambahkan, kondisi geografis Kabupaten Demak berada di wilayah hilir mengakibatkan rawan bencana seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung.

Sampah yang berada di aliran sungai ini menyebabkan aliran air sungai rawan mampet saat musim hujan, sehingga dapat mengakibatkan banjir.

"Kami bersihkan dulu sungainya dari sampah sehingga saat musim hujan, sungai tidak mampet dan alirannya lancar. Sampah yang ada di sungai kita kumpulkan lalu dibuang ke tempat pembuangan akhir," ujarnya.

Diharapkan, aksi bersih sampah di sungai ini diharapkan menginspirasi masyarakat Demak, untuk senantiasa menjaga kebersihan sungai.

Tak lupa dalam kondisi bersih bersih pun wajib diterapkan protokol kesehatan covid19, peserta kegiatan ini wajib memakai masker meskipun sebagian besar adalah petugas dari polres Demak dan seluruh instansi pemerintahan kabupaten Demak.

Andhika mengajak masyarakat menyiapkan segala hal untuk mengantisipasi banjir di musim hujan. "Kita terus berkoordinasi dan persiapan langkah - langkah sebelum terjadi bencana maupun jika terjadi bencana alam," pungkasnya. (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi