Penuhi Kebutuhan Warga, Bupati Suwirta Minta Bumdes Kelola Bisnis Air

Selasa, 17 November 2020 : 17.23
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan itu seusai meninjau pembangunan TOOS Center Bupati Suwirta tinjau pembangunan Sumur Uji Ekplorasi di Kecamatan Dawan dan Pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Banjar Babung, Desa Gunaksa/ist

Semarapura - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Klungkung agar mengelola bisnis air untuk memenuhi kebutuhan warga.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan itu seusai meninjau pembangunan TOOS Center Bupati Suwirta tinjau pembangunan Sumur Uji Ekplorasi di Kecamatan Dawan dan Pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Banjar Babung, Desa Gunaksa, Selasa (17/11/2020).

Air merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki masyarakat, sehingga dengan adanya daerah yang mengalami krisis air bersih, maka Pemerintah Kabupaten Klungkung wajib hadir untuk mengatasi persoalan tersebut.

Hadirnya Sumur bor dan Pamsimas ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan air di Kecamatan Dawan.

"Hadirnya Sumur bor dan Pamsimas diharapkan mampu memberikan solusi untuk mengatasi kekurangan air bagi masyarakat yang berada di Kecamatan Dawan,” ucap Suwirta saat mengunjungi pamsimas di Banjar.

Dengan sutuasi seperti ini pihaknya akan meenggenjot kepala desa agar segera mengelola air minum ini dengan menggunakan Bumdes. Dengan begitu, nanti desanya bisa menggelola bisnis air sendiri agar kebutuhan dasar masyarakatnya segera bisa terpenuhi.

“Jangan didiamkan berlama-lama, nanti mesinya mati,” ujar Bupati Suwirta di damping Kadis PUPR Klungkung, Anak Agung Lesmana.

Pihaknya berharap desa-desa yang sudah mempunyai Pamsimas agar bisa dikelola secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan air di wilayahnya masing-masing.

"Semoga ke depan program Pamsimas ini bisa berjalan secara maksimal agar desa bisa secara mandiri mengelola air bersih," tutupnya. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi