Nelayan Tabanan Bersatu Mendukung Penuh Jaya-Wira

Minggu, 15 November 2020 : 12.20

Tabanan - Dukungan kepada pasangan Calon Bupati Tabanan dan calon Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) dalam Pilkada Tabanan 9 Desember mendatang semakin menguat.

Setelah sebelumnya mendapat dukungan dari pekaseh yang tergabung Sabhantara Pekaseh, kini dukungan juga datang dari nelayan Tabanan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tabanan.

Dukungan dari Nelayan Tabanan bersatu yang tergabung dalam HNSI Cabang Kabupaten Tabanan tersebut disampaikan di rumah Pembina Nelayan Tabanan I Nyoman Adi Wiryatama, Jalan Anyelir, Desa Bongan,Tabanan, Bali, Minggu (15/11/2020).

Ketua HNSI Kabupaten Tabanan I Ketut Arsana Yasa pada kesempatan tersebut mengungkapkan, Nelayan Tabanan Bersatu memberikan dukungan penuhnya kepada Paket Jaya-Wira, karena paket inilah yang telah memiliki pengalaman dalam pemerintahan dan selama ini pemerintah Kabupaten Tabanan sudah terbukti selalu memihak dan membantu nelayan.

Pemerintah Kabupaten Tabanan yang dipimpin oleh pasanagan Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wakil Bupati I Komang Gde Sanjaya, selama ini sudah terbukti selalu memihak dan membantu nelayan Tabanan.

Bantuan diberikan dalam berbagai bentuk, baik itu berupa perahu, mesin tempel, alat tangkap ikan, beras maupun kebijakan.

"Pemerintah Kabupaten Tabanan selama ini juga sudah berjuang sampai ke pusat agar size lobster yang tercantum dalam SK Menteri Kelautan dan Perikanan bisa direvisi karena adanya SK tersebut, lobster di Tabanan banyak yang tidak boleh ditangkap dan diperjualbelikan karena ukurannya di bawah standard yang ditetapkan.

Namun sekarang setelah SK tersebut direvisi, sekarang lobster di Tabanan boleh ditangkap dan diperjualbelikan," ujar Ketut Arsana Yasa yang populer dipanggil dengan nama Sadam ini.

Menurut Sadam, bukan perjuangan dalam merevisi SK lobster saja, Pemkab Tabanan yang dikomandani Eka-Jaya selama ini juga selalau berjuang memberikan bantuan berupa beras untuk nelayan ketika nelayan di Tabanan tidak bisa melaut karena cuaca buruk dan gelombang besar.

"Di Kabupaten Tabanan hampir setiap tahun nelayan menerima bantuan beras. Sedangkan nelayan di kabupaten lain, bahkan ada yang tidak pernah menerima bantuan beras meski mereka tidak bisa melaut berhari-hari karena cuaca buruk," katanya.

Pada kesempatan tersebut Ketut Arsana Yasa yang juga Ketua PAC PDIP Kecamatan Kerambitan ini mengungkapkan, selain nelayan Tabanan hari ini dirinya juga mengajak pengurus perkumpulan amatir Radio yang tergabung dalam Padma Nirmala yang selama ini sering diajak HNSi bekerjasama dalam bantuan dukungan komunikasi.

"Hari ini bergabung juga pengurus dari perkumpulan Orari Padma Nirmala dari Kecamatan Kediri, Tabanan dan Kerambitan untuk bersama-sama menyatakan dukungannya kepada paket Jaya-Wira," ujarnya. Calon Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan mengucapkan terimakasihnya atas dukungan yang diberikan nelayan Tabanan bersatu dan amatir radio Padma Nirmala.

"Terima kasih atas dukungan yang diberikan untuk kemenangan paket Jaya-Wira pada Pilkada 9 Desember mendatang," katanya.

Edi Wirawan pada kesempatan tersebut juga menyampaikan ketidakhadiran Cabup Komang Gede Sanjaya karena sedang ada tugas mendesak yang tidak bisa diwakilkan.

"Saya ke sini diperintah Pak Komang Gde Sanjaya untuk menerima aspirasi dari Nelayan Tabanan bersatu dan amatir radio Padma Nirmala," ujarnya.

Di hadapan Nelayan dan pengurus Padma Nirmala, Edi Wirawan menegaskan bahwa Paket Jaya-Wira merupakan kelanjutan dari Paket Eka-Jaya yang sama-sama dicalonkan oleh PDIP.

Dengan demikian pembangunan di Tabanan yang telah dikerjakan oleh Eka-Jaya akan dilanjutkan oleh Jaya-Wira.

Edi Wirawan juga mengungkapkan, isu kerusakan infrastruktur jalan yang selama ini selalu digoreng oleh lawan-lawan politik hendaknya bisa dicounter dan diluruskan oleh teman-teman yang tergabung dalam perkumpulan amatir radio Padma Nirmala bahwa jalan yang rusak hanya tersisa 18 persen saja.

"Pemerintahan Eka-Jaya sudah melakukan perbaikan infrastruktur jalan sebanyak 82 persen. Bila Paket Jaya-Wira terpilih, sisa kerusakan jalan yang 18 persen, akan kami kerjakan di tahun pertama," janji Edi Wirawan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Eka Law Ya, Ni Putu Eka Wiryastuti pada kesempatan tersebut secara simbolis memberikan bantuan alat Pelindung diri berupa masker dan handsanitizer kepada nelayan.

"Saya memberikan apresiasi kepada nelayan dan pengurus Orari yang datang ke sini sebagai orang-orang pilihan yang sehat dan bebas dari Covid-19. Tetap terapkan protokol kesehatan agar kita tetap bebas Covid-19 dan bisa bekerja," katanya.

Ketua Yayasan Eka Lawya ini juga yakin bila Nelayan Tabanan dan Keluarga Besar Padma Nirmala tetap bersatu dan solid dalam menentukan pilihan politiknya yang diwujudkan dalam kebulatan tekad hari ini.

Tampak hadir dalam kebulatan tekad Nelayan Tabanan Bersatu tersebut anggota DPRD Tabanan I Wayan Widnya alias Regen, I Wayan Sudiana alias Gading dan I Gede Edi Pratama Sekretaris PAC PDIP Kecamatan Baturiti.

Sementara Ketua DPRD Bali yang juga tokoh nelayan Tabanan I NYoman Adi Wiryatama tidak hadir karena sedang ada acara yang tidak bisa diwakilkan. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi