Manfaatkan Kesenian Bondres untuk Sosialisasi Disiplin Prokes

Kamis, 12 November 2020 : 20.03
Bertempat di objek wisata Monkey Forest dan Simpang 3 Padangtegal Kecamatan Ubud, digelar Operasi Yustisi Pendisiplinan prokes dengan menampilkan bondres dan pecalang/ist,

Gianyar - Kesenian Bondres cukup populer di Bali sehingga petugas memanfaatkannya untuk mensosialiasikan disiplin protokol kesehatan kepada warga.

Disiplin protokol kesehatan atau prokes terus dilakukan pemerintah termasuk kepolisian dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Kali ini, sosialisasi dilakukan cukup menarik dan menghibur warga karena memakai kesenian bondres.

Bertempat di objek wisata Monkey Forest dan Simpang 3 Padangtegal Kecamatan Ubud, Gianyar, digelar Operasi Yustisi Pendisiplinan prokes dengan menampilkan bondres dan pecalang, Kamis (12/11/2020). 

Kegiatan Operasi Yustisi yang menampilkan kesenian bondres, dilakukan dengan tetap mematuhi prokes dipimpinKapolsek Ubud Polres Gianyar AKP I Gede Sudyatmaja, bersama Pawas Ipda Wayan Sukarta dan anggota piket fungsi Polsek Ubud serta Pecalang Desa Adat Padang Tegal.

Budaya dan kearifkan lokal dipadukan untuk mendukung sosialisasi ini dimaksudkan untuk mengingatkan kesadaran masyarakat untuk patuh serta taat kepada protokol kesehatan .

"Kami mensosialisasikan agar masyarakat disiplin 3M yakni selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin untuk mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer," jelas Sudyatmaja.

Pihaknya menyampaikan, himbauan prokes yang dilaksanakan dengan cara yang beda. Memanfaatkan seniman yang selain menampilkan atraksi seni kreatif, juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas termasuk disiplin prokes.

"Kami harapkan masyarakat lebih terhibur serta selalu ingat untuk memperhatikan protokol kesehatan diri masing-masing," imbuh Kapolsek 

Sembari membawa panflet, poster, petugas maupun seniman berjalan kaki, menyapa wisatawan atau masyarakat lainnya di obyek wisata andalan di Kabupaten Gianyar itu, sembari mengingatkan agar mereka mematuhi prokes dengan menjaga sikap dan gaya hidup bersih dan sehat. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi