LSP-KJK Uji Kompetensi 200 Karyawan Koperasi di Tabanan

Senin, 09 November 2020 : 10.35

Tabanan - Bekerjasma dengan Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabanan, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)Koperasi Jasa Keuangan (KJK) melaksanakan uji kompetensi untuk 200 karyawan koperasi di Tabanan, Bali.

Manajer Administrasi LSP-KJK I Wayan Artana didampingi Ketua Dekopinda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengemukakan hal itu saat penutup Uji KOmpetensi di Gedung Dekopinda Tabanan, Senin (9/11/2020).

"Uji kompetensi yang sumber dananya dari Badan Sertifikasi Nasional (BSN) tersebut dilaksanakan mulai September-November di sejumlah koperasi," ujar Artana.

Menurut Artana, sejumlah koperasi yang dimanfaatkan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) tersebut di antaranya adalah KUD Rejasa, KUD Marga, KUD Beringkit, Koperasi Catur Yoga, Koperasi Bayu Sedana dan Koperasi Artha Swadaya.

Mengingat kegiatan uji kompetensi dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19, maka dalam pelaksanaan uji kompetensi tetap menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Protokol Kesehatan tetap kami terapkan sesuai prosedur. Oleh karena itulah setiap angkatan dalam uji kompetensi tersebut kami batasi pesertanya maksimal 30 orang agar masing-masing tetap bisaa menjaga jarak saat mengikuti uji kompensi," jelasnya.

Disebutkan dalam kegiatan uji kompetensi terhadap 200 orang karyawan koperasi di Kabupaten Tabanan tersebut pihak LSP-KJK mengerahkan enam orang asesor.

"Karyawan koperasi yang mengikuti uji kompetensi ini adalah karyawan koperasi di tingkat level 2 dan 3, yakni yang bertugas sebagai juru buku, juru tagih, kasir, juru survei dan customer service," paparnya.

Menurut Artana, Uji Kompetensi ini adalah untuk menguji karyawan koperasi berkompeten di bidang tugasnya.

"Setelah para peserta uji kompetensi ini lulus dan mendapat sertifikat bearti peserta sudah diakui negara berkompeten di bidangnya," katanya.

Disebutkan, negara dalam hal ini LSP-KJK di bawah BSN tahun ini secara nasional memprogramkan mengadakan uji kompetensi terhadap 400 orang karyawan koperasi.

"Program uji kompetnsi terhadap 400 orang karyawan koperasi tersebut seluruhnya dilaksankan di Bali. Di Kabupaten Tabanan pesertanya terbanyak, mencapai 200 orang karyawan," paparnya.

Terkait antusias tersebut, LSP-KJK menyatakan apresiasinya terhadap Dekopinda Tabanan yang langsung menyambut positif program yang ditawarkan LSP-KJK tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dekopinda Tabanan atas respon positif, bantuan dan dukungannya terhadap pelaksanaan uji kompetensi yang semuanya telah berjalan dengan lancar tanpa hambatan bearti," katanya berterus-terang.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa menyatakan rasa syukur dan bangganya karena uji kompetensi terhadap 200 karyawan di Kabupaten Tabanan bisa berjalan dengan sukses.

Menurut Ariwangsa, uji kompetensi tersebut merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari Dekopinda Tabanan yang meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi di Tabanan.

"Tahun ini baru 200 orang karyawan koperasi yang mengikuti uji kompetensi. Tahun depan kami akan programkan lagi kegiatan uji kompetensi terhadap karyawan koperasi," katanya.

Hal itu diungkapkan Wirna Ariwangsa, karena ke depan tenaga koperasi yang kompeten memang sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan SDM, kinerja dan pelayanan koperasi kepada para anggotanya.

"Kami berharap karyawan koperasi di Tabanan benar-benar berkompeten di bidangnya sehingga mereka bisa bekerja dan melayani anggota dengan baik dan profesional," harapnya.

Menurut Wirna Ariwangsa, saat ini jumlah koperasi yang aktif di Kabupaten Tabanan ada 422 unit. Sedangkan jumlah karyawannya ada 2.029 orang. Dari jumlah tersebut yang baru mengikuti uji kompetensi baru 200 orang.

"Berdasarkan data yang ada, masih banyak karyawan koperasi di Tabanan yang harus mengikuti uji kompetensi. Bila setiap tahun ada 200 orang karyawan yang ikut uji kompetensi, maka diperlukan waktu sekitar 10 tahun agar seluruh kareyawan koperasi di Tabanan bisa mengikuti uji kompetensi," pungkasnya. (gus)

Bagikan Artikel

Rekomendasi