IVENDO : 73 Orang Bersertifikat Kompetensi MICE di Bali

Rabu, 11 November 2020 : 05.40

Denpasar – Sampai saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah bersertifikat kompetensi MICE di Bali sebanyak 73 orang dari hasil sertifikasi yang dilakukan IVENDO.

Dipihak lain Buku panduan berisi Dynamic Operating Procedure (DOP) penyelenggaraan Event diserahkan oleh Ketua DPD IVENDO Bali Grace Jeanie kepada Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Selasa (10/11/2020).

Penyerahan buku tersebut dilakukan oleh Ketua DPD IVENDO Bali bersama sejumlah perwakilan dari musisi dan pekerja seni, vendor, EO dan akademisi yang terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang akrab dipanggil dengan Cok Ace saat penyerahan tersebut didampingi oleh Kabid Pemasaran Bali, Ida Ayu Indah Yustikarini yang juga menerima secara simbolik buku panduan tersebut.

Buku berisi Dynamic Operating Procedure (DOP) penyelenggaraan Event yang telah selesai disusun sejak April 2020 lalu telah mengalami sejumlah revisi berdasarkan evaluasi saat penyelenggaraan simulasi serta melalui sejumlah diskusi dengan tim perumus hingga awal September lalu tuntas disusun.

Isi buku tersebut mulai persiapan produksi (loading dan unloading), pengaturan physical distancing dan crowd management, pelayanan UMKM dalam sebuah kegiatan, pergantian musisi dan pengisi acara, backstage crowd control, kelengkapan equipment kegiatan terkait Pandemi, mekanisme peliputan media, pengaturan antrian, penerapan digital system, mitigasi resiko hingga checklist dan mekanisme pelaporan kegiatan.

Diharapkan, bermanfaat dan bisa melengkapi semua panduan yang ada yang telah diterbitkan oleh pemerintah serta bisa menjadi pegangan bagi kawan-kawan industri event khususnya di Bali.

"Kami berencana akan membagikan panduan DOP ini dalam bentuk e-book kepada semua Pemkab, pemkot, BUMN serta pihak-pihak terkait yang kami rasa sering mengadakan kegiatan.

"Dalam waktu dekat ini, akan mengadakan pelatihan bagi kawan-kawan industri event dan pariwisata khususnya sebagai officer CHSE,” ujar Jeanie.

Untuk itu, salah satu langkah persiapan yang telah dilakukan untuk penguatan kompetensi MICE dan event di Bali, IVENDO Bali bersama LSP CWI didukung Bali MICE Forum serta Kemenparekraf telah melakukan sertifikasi tahap ke 2 kepada 48 orang peserta dari sejumlah perusahaan dan perseorangan 30 Oktober 2020 lalu.

“Jadi total saat ini SDM Bali yang telah bersertifikat kompetensi MICE di Bali dari hasil sertifikasi yang dilakukan IVENDO tahap pertama tahun 2019 sebanyak 30 orang dan dinyatakan kompeten sebanyak 25 orang dan tahun 2020 dinyatakan kompeten sebanyak 48 orang sehingga total 73 orang.

73 orang SDM tersebut terdiri dari perseorangan dan 18 perusahaan PCO dan EO. Harapan kami agar bisa terus menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi ini secara berkala,” tutur Jeanie.

Usai penyampaikan buku panduan dan berdialog dengan Wagub Cok Ace, acara ditutup dengan penyerahan 98 sertifikat oleh Wagub Cok Ace kepada perusahaan pendukung kegiatan simulasi. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi