Donor Darah Kolaborasi Indonesia Timur Dipadati Warga Denpasar

Minggu, 01 November 2020 : 08.00
Koordinator Heppiii Community Bali Fendi Hidayat mengatakan, antusiasme warga di Banjar Kaja sangat tinggi menyambut aksi donor darah yang berlangsung pada akhir pekan lalu/ist

Denpasar - Warga Sesetan, Denpasar yang tergabung dalam Heppiii Community Bali antusias mengikutiProgram donor darah kolaborasi Indonesia Timur yang bekerjasama dengan sekeha teruna teruni (STT) Banjar Kaja Sesetan Denpasar dengan tema ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri’.

Dari satu titik di banjar ini ada 42 kantong darah yang berhasil disumbangkan untuk PMI.

Koordinator Heppiii Community Bali Fendi Hidayat mengatakan, antusiasme warga di Banjar Kaja sangat tinggi menyambut aksi donor darah yang berlangsung pada akhir pekan lalu. Untuk menghindaari kerumunan, panitia acara juga membatasi jumlah pendonor yang datang.

“Acara berlangsung di balai banjar, mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita, standar pencegahan COVID-19 kami terapkan. Semua yang terlibat harus memakai masker dan panitia juga menyediakan tempat cuci tangan,” kata Fendi dalam keterangan resminya, Selasa 27 Oktober lalu.

Kelian setempat Putu Rey Antara turut berpartisipasi dalam acara ini. Dalam aksi sosial tersebut juga ada perwakilan mahasiswa turut ambil bagian. Donor darah di Banjar Kaja ini juga lanjutan dari kegiatan serupa yang digelar oleh Bold Riders Bali beberapa waktu lalu.

Aksi kemanusiaan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak. Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Kini, terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (rhm)

Bagikan Artikel

Rekomendasi