Cempaka Gowes Community Tetap Jaga Imun Tubuh dan Disiplin Prokes

Minggu, 29 November 2020 : 22.54
Komunitas yang hampir semua anggotanya adalah penghuni perumahan Wonorejo, terbentuk pada bulan Juni 2020/Agus Nugroho Purwanto.

Karanganyar - Jika terdapat komunitas yang mayoritas membernya bertetangga, Cempaka Gowes Community adalah salah satu dari sekian komunitas yang selalu menjaga imun tubuh dengan berolahraga bersepeda dan tetap mematuhi protokol kesehatan saat pandemi Covid-19.

Komunitas yang hampir semua anggotanya adalah penghuni perumahan Wonorejo, terbentuk pada bulan Juni 2020. Semua pendirinya adalah penghuni Perumahan Wonorejo Komplek Jl Cempaka. Kec. Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Salah satu founder komunitas ini diantaranya Wahyu Bintang. Pada awalnya para founder komunitas ini sering gowes bersama. Kebetulan seluruh peserta adalah warga perumahan, maka terbentuklah Cempaka Gowes Community.

Menurut Moh Jumadi, salah satu member, “awalnya mereka terdiiri 8 orang, sekarang menjadi 18 anggota yang aktif,”.

Ia menambahkan, member ini memiliki beragam latar belakang pekerjaan, hingga usia. Komunitas ini memiliki anggota yang masih berusia 35 tahun, hingga yang sudah berusia di atas 55 tahun.

Bersepeda dengan tetangga yang berada dalam satu kompleks perumahan, banyak manfaat dan keuntungan. Pertama, karena jarak yang dekat, mereka bisa sering berkumpul, bermain, maupun sarapan bersama.

Walaupun berbeda-beda latar belakang, mereka disatukan oleh satu kesamaan, yakni sama-sama ingin menjaga stamina tubuh dan menjaga kesehatan di tengah pendemi Covid-19.

Karena tujuan dari para pesepeda adalah untuk kesehatan, maka setiap anggota saling mengingatkan untuk memakai masker dan menjaga jarak aman antar pesepeda, pesan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, selalu menjadi keutamaan dalam komunitas ini.

"Trip gowes ini dilakukan setiap Minggu pagi, dengan jaraknya tempuh 20 kilometer hingga 50 kilometer," imbuhnya. (anp)

Bagikan Artikel

Rekomendasi